Tingkatkan Keterampilan Menulis, UKM KTI UIN Gus Dur Adakan Pelatihan Menulis Artikel Jurnal

Tingkatkan Keterampilan Menulis, UKM KTI UIN Gus Dur Adakan Pelatihan Menulis Artikel Jurnal

UKM KTI UIN Gus Dur mengadakan pelatihan menulis artikel jurnal.-Dok.UKM KTI-

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Karya Tulis Ilmiah (KTI) Fakultas Syariah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan (UIN Gus Dur) mengadakan pelatihan menulis artikel jurnal bertempat di Aula Gedung Fakultas Syariah, Sabtu (4/11/2023). 

Kegiatan ini diikuti oleh 20 mahasiswa Fakultas Syariah Semester I dari tiga jurusan: Hukum Keluarga Islam (HKI); Hukum Tata Negara (HTN); dan Hukum Ekonomi Syariah (HES).

Acara yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne UIN Gus Dur itu menghadirkan Khairul Anwar, M.E. (staf Editor Jurnal JKEKI) sebagai pemateri.

Pembina UKM KTI Ayon Dinianto, M.H. mengatakan, pelatihan ini bagus bagi mahasiswa, terutama dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa.

"Semoga akan lahir penulis-penulis karya tulis ilmiah yang handal dari UIN Gus Dur, khususnya Fakultas Syariah. Tapi tentu perlu ada tindak lanjut pasca kegiatan ini," katanya.

BACA JUGA:Dekan FUAD UIN Gus Dur Beri Kuliah Umum di Thailand

BACA JUGA:Blusukan ke Kalipucang Wetan, Mahasiswa UIN Abdurahman Wahid Pekalongan Belajar Seluk Beluk Batik Rifa'iyah

Narasumber kegiatan Khairul Anwar yang juga alumni UIN Gus Dur menyampaikan, menulis artikel ilmiah membutuhkan proses yang tidak instan. Tetapi diperlukan pelatihan dan pembelajaran yang konsisten supaya benar-benar bisa memahami apa yang perlu ditulis.

"Dalam menulis artikel jurnal, tentu proses belajar itu sangat penting. Mustahil orang akan bisa menulis tanpa belajar lebih dulu," kata Dosen STAIKAP Pekalongan tersebut.

Anwar menjelaskan bahwa menulis artikel jurnal dapat dimulai dengan mencari topik terlebih dulu, memahaminya, lalu mencari referensi atau penelitian terdahulu yang relevan. 

"Sesuai sistematika umumnya jurnal, yaitu bisa menulis bagian pendahuluan terlebih dulu, lanjut metode, hasil dan pembahasan serta terakhir kesimpulan," jelasnya.

BACA JUGA:Bantu Warga Petungkon Pasca Wabah Cengkeh, Mahasiswa KKN 57 UIN Gus Dur Rintis Produk Serbuk JAKA

Sementara itu, Ketua UKM KTI Iska Nofiana mengatakan, UKM KTI sebagai wadah bagi mahasiswa Fakultas Syariah khususnya untuk saling berbagi pengetahuan dan keahlian dalam bidang kepenulisan.

Selain itu sebagai wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan skill kepenulisan dan meningkatkan potensi mahasiswa di bidang karya ilmiah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: