Kehadiran Toyota Rangga Concept, Siap Menggeser Popularitas Mitsubishi L300 dan GranMax!

Kehadiran Toyota Rangga Concept, Siap Menggeser Popularitas Mitsubishi L300 dan GranMax!

Toyota Rangga Concept--Instagram

RADARPEKALONGAN – Akhirnya PT Toyota Astra Motor (TAM), comeback ke segmen pick up ringan di Tanah Air, terbukti dengan tampilnya Toyota Rangga Concept.

Toyota Rangga Concept ini pertama kali diperkenalkan dalam ajang GIIAS 2023 lalu, segmen pick up ini sudah ditinggal oleh PT TAM sejak tahun 2004, kurang lebih sudah hampir 20 tahun.

Selama kurang lebih hampir 20 tahun, pihak Toyota hanya bisa menyaksikan penjualan Suzuki Carry, Daihatsu GranMax dan Mitsubishi L300 yang saat ini mendominasi mobil pick up di Tanah Air dalam segmen pick up ringan.

Namun sebelumya pihak PT Toyota Astra Motor (TAM), bermain disegmen pick up ringan ini melalui Toyota Kijang Pick-Up, mulai dari generasi pertama KF10 1976 sampai 1980, dan generasi keempat KF60 ditahun 1997 sampai 2003.

BACA JUGA: Punya Beberapa Keunggulan, Suzuki Carry Pikap Layak Dijadikan Mobil Bisnismu!

BACA JUGA: Ternyata Ini Kurangnya Suzuki Carry Pikap 2023, Celana Saja Tidak Selaku Daihatsu GranMax!

Sayangnya pick up ringan ini, tidak lagi diproduksi, ketika Toyota Kijang generasi kelima atau AN40 resmi diluncurkan pada tahun 2004.

Kemudian PT TAM meluncurkan pick up ringan yaitu Toyota Hilux generasi ketujuh AN10 pada tahun 2009, dan mendapatkan respon positif dari para konsumen.

Namun sayangnya Toyota Hilux ini dibandrol dengan harga yang cukup tinggi, sehingga para konsumen mengambil ringan, yang kebanyakan para pelaku Usaha Mirko Kecil dan Menengah (UMKM), memilih pabrikan lain untuk dijadikan contoh mobil niaga mereka yang harganya lebih murah.

Jika dilhat lebih dalam lagi, sepertinya kembalinya Toyota Rangga Concept ini, tidak hanya sekedar comeback ke pasar pick up ringan di Tanah Air.

BACA JUGA: Dibalik Kelebihannya, Inilah Kekurangan Daihatsu GranMax 2022, Yakin Masih Tertarik?

BACA JUGA: Rekomendasi Mobil Pikap Terbaik, Cocok untuk Armada Usahamu!

Kabarnya Toyota Rangga Concept ini akan diperkenalkan lebih jauh dan lebih penting lagi, guna melanjutkan proyek IMV alias Kendaraan Multiguna Internasional Inovatif.

Nah buat kamu yang belum tahu, IMV ini merupakan sebuah platform khusus untuk segmen SUV, Pick Up dan MPV Toyota, yang menggunakan kontruksi sasis tanga alias rangka tangga.

Platform IMV ini pertama kali digagas pada tahun 2002, dan pertama kali digunakan pada tahun 2004 di Toyota Kijang Innova (Sandi Proyek IMV-5), Toyota Hilux (IMV-1) dan Toyota Fortuner (IMV-4).

Proyek IMV ini di bawah komando Chief Engineer Kaoru Hosokawa, yaitu mantan pimpinan proyek U-IMV (Under-IMV), dan akhirnya menghasilkan Toyota Avanza – Daihatsu Xenia.

BACA JUGA: Tertarik melekatnya, Inilah Tips Memasang Roof Box Mobil, Dijamin Aman Dibawa Pergi Jauh Sekalipun!

BACA JUGA: Sudah Tahu Belum, Inilah Merk Mobil Buatan Indonesia, Keren Lho!

Lalu sebenarnya kenapa sih, kok Toyota Rangga Concept ini menggunakan platform IMV? Yang paling utama karena pihak Toyota sudah tidak mau lagi menggunakan platform IMV untuk produk kendaraan penumpangnya.

Sedangkan untuk kendaraan penumpangnya nanti, akan menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: