Lansia Susah Makan? Ini Dia 6 Cara Mengatasi Lansia Susah Makan

Lansia Susah Makan? Ini Dia 6 Cara Mengatasi Lansia Susah Makan

Cara Mengatasi Lansia Susah Makan --freepik.com/jcomp

Untuk sarapan, cobalah berikan sepotong roti gandum panggang dengan selai kacang di atasnya. Menjelang siang, sajikan sepiring nasi putih hangat dengan sup sayur kesukaannya untuk menambah nafsu makan. Berikan porsi makan yang lebih kecil dan lebih sering.

Kamu harus batasi penggunaan gula, garam, dan lemak yang tidak baik untuk kesehatan mereka. Apalagi jika mereka memiliki hipertensi atau penyakit degeneratif lainnya.

2. Sediakan camilan sehat

Kamu juga perlu mempertimbangkan jenis camilan yang mereka konsumsi. Hal ini berguna untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi para lansia jika sebelumnya mereka tidak nafsu makan.

Kamu bisa memberikan mereka pisang atau jus buah yang sehat sebagai camilan. Hal ini tidak hanya membantu mengatasi ketidakmampuan lansia untuk makan, tetapi juga bisa menjadi cara untuk menekan keinginan lansia untuk mengonsumsi camilan yang tidak sehat.

3. Ajak mereka untuk berolahraga

Cara mengatasi lansia yang susah makan selanjutnya yaitu olahraga. Kamu bisa melakukan olahraga yang aman untuk lansia, seperti jalan, yoga dan lain-lain.

Selain membantu tulang dan otot menjadi kuat, olahraga juga bisa meningkatkan nafsu makan lansia. Yang terpenting, sesuaikan dengan kemampuan orang tua. Pastikan mereka merasa nyaman dan terdorong untuk berolahraga secara rutin, agar kebugaran tubuhnya tetap terjaga.

4. Ciptakan suasana makan yang menyenangkan

Lansia sering kali enggan makan, karena hanya makan sendirian dan merasa kesepian. Nah, cara ampuh untuk mengatasi lansia yang sulit makan adalah dengan mengajaknya makan bersama anggota keluarga yang lain. Kamu juga bisa mengajak tetangga sekitar yang sebaya.

Semakin baik mood lansia, maka akan semakin mudah baginya untuk menyantap makanan yang tersaji di depannya.

 

BACA JUGA:Rendah Gula, Inilah 6 Produk Susu Terbaik Cegah Osteoporosis untuk Lansia

BACA JUGA:Jaga Tubuh Tetap Sehat di Masa Tua, Ini Dia Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Lansia

5. Ikuti pengobatan dokter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: