Penjelasan Tentang Buah Terlarang: Ayat Tentang Buah Khuldi yang Menjadi Penyebab Nabi Adam Turun ke Bumi

Penjelasan Tentang Buah Terlarang: Ayat Tentang Buah Khuldi yang Menjadi Penyebab Nabi Adam Turun ke Bumi

Penjelasan Tentang Buah Terlarang: Ayat Tentang Buah Khuldi yang Menjadi Penyebab Nabi Adam Turun ke Bumi -Aqwam Jembatan Ilmu / Unsplas-

RADARPEKALONGAN – Di dalam kitab suci Al-Quran, terdapat ayat tentang buah khuldi yang menggambarkan bagaimana tipu daya iblis bisa menyebabkan tergodanya Nabi Adam AS dan Siti Hawa hingga keduanya diusir dari surga. 

Kita mungkin sudah berulang kali mendengar tentang kisah buah terlarang dan manusia pertama ini. Tapi, apakah kamu tahu di ayat Al-Quran mana yang mengisahkan ceritanya? 

Dalam artikel ini, kita akan menelisik lagi kisah tentang buah atau pohon yang terlarang ini serta ayat-ayat yang menyinggungnya. 

BACA JUGA: Belajar dari Kisah Sahabat Nabi yang Menginspirasi: Mengamalkan Sunah dan Bersedekah

BACA JUGA: Teman Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah: Kisah Abu Bakar Ash Shiddiq yang Menginspirasi

Ayat Tentang Buah Khuldi di dalam Kitab Suci Al-Quran 

Sesungguhnya Allah SWT sudah secara langsung mempersilahkan Adam serta Hawa untuk makan apa pun yang tersedia di surga. Apa pun yang baik. 

Namun, Allah SWT melarang kedua manusia itu untuk mendekati, terlebih lagi memakan, buah dari suatu pohon tertentu. Pohon berjenis kayu yang memiliki buah. 

Sampai di sini, Allah SWT tidak menyebutkan secara langsung bahwa buah yang dilarang adalah buah Khuldi

Beberapa penafsir mengatakan bahwa buah daro pohon yang dilarang itu diberi nama Khuldi oleh iblis yang menggoda Nabi Adam AS dan Siti Hawa. 

Seperti pada Al-Quran Surat Thaha (20) ayat 120: 

فَوَسْوَسَ إِلَيْهِ الشَّيْطَانُ قَالَ يَا آدَمُ هَلْ أَدُلُّكَ عَلَى شَجَرَةِ الْخُلْدِ وَمُلْكٍ لَا يَبْلَى 

Artinya: kemudian setan membisikkan kepadanya dengan berkata, “wahai Adam! Maukah aku tunjukkan kepadamu pohon keabadian (khuldi) dan kerajaan yang tidak akan binasa?” (Q.S Thaha: 120) 

Beberapa ulama mengatakan bahwa Firman Allah SWT yang menyebutkan “syajaratul khuld” ini merupakan julukan yang diberikan iblis. 

Namun, masih belum diketahui pasti apakah benar nama ini diberikan oleh iblis. Terlebih lagi masih menjadi misteri apakah nama buah ini benar-benar buah Khuldi

 BACA JUGA: Lamaran ditolak Tepat di Hadapan Kawan, Begini Kisah Sahabat Nabi yang Mengharukan dan Menggetarkan Hati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: