Teman Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah: Kisah Abu Bakar Ash Shiddiq yang Menginspirasi

Teman Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah: Kisah Abu Bakar Ash Shiddiq yang Menginspirasi

Teman Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah: Kisah Abu Bakar Ash Shiddiq yang Menginspirasi-Fabien Bazanegue / Unsplash-

RADARPEKALONGAN – Kisah Abu Bakar Ash Shiddiq yang menemani Hijrah Nabi Muhammad SAW, seorang sahabat yang setia dengan cintanya yang mendalam terhadap Rasulullah SAW dan Islam.

Abu Bakar Ash Shiddiq, tokoh monumental dalam sejarah perjalanan umat Muslim, memiliki kisah kehidupan yang tak hanya memukau, tetapi juga memotivasi. 

Sebagai sahabat paling dekat dan terbaik Rasulullah SAW, kehidupan dan jasa-jasa Abu Bakar menjadi inspirasi bagi banyak orang hingga saat ini. 

Dikenal dengan kesetiaan, kebijaksanaan, dan ketulusan hatinya, Abu Bakar mendapat julukannya sebagai Ash Shiddiq dari Rasulullah SAW yang memiliki arti “yang berkata benar.” 

Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih jauh Khalifah pertama umat Muslim ini melalui kisah Abu Bakar Ash Shiddiq sebelum dan sesudah beliau memasuki Islam. 

BACA JUGA: Mengenal Lebih Dekat Kisah Utsman bin Affan, Sahabat Nabi dengan Julukan Pemilik Dua Cahaya

Silsilah Keluarga Abu Bakar Ash Shiddiq 

Nama asli beliau adalah Abdullah bin Amir bin Amru bin Ka’ab bin Sa’ad bin Tayyim bin Murrah bin Ka’ab bin Lu’ay bin Ghalib bin Quraisy. Kedua orang tuanya sama-sama dari kabilah Bani Taim. 

Nama sebelum beliau masuk Islam adalah Abdul Ka’bah, yang mana berarti “hamba Ka’bah”. Saat beliau memutuskan untuk beriman kepada Allah SWT, Rasulullah SAW mengubah namanya menjadi Abdullah. 

Abu Bakar merupakan ayah dari Aisyah, istri Nabi Muhammad SAW. Dan beliau juga merupakan pedagang yang pandai juga mahir dalam berekonomi. 

BACA JUGA: Bukti Dahsyatnya Sedekah, Ikuti Kisah Abud Dahdaa yang Sedekahkan 600 Pohon Kurmanya

Awal Mula Masuk Islam 

Awal mula kedekatan beliau dengan Rasulullah SAW adalah saat Rasulullah SAW menikah dengan Khadijah dan bertetangga dengan Abu Bakar. 

Sejak saat itu persahabatan keduanya jadi semakin dekat, terdorong oleh kesamaan dan keahlian profesi mereka sebagai pedagang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: