Inilah 7 Bentuk Sedekah yang Paling Baik Menurut Al-Qur'an, Amalkan Sekarang Jika Ingin Rezeki Lancar!

Inilah 7 Bentuk Sedekah yang Paling Baik Menurut Al-Qur'an, Amalkan Sekarang Jika Ingin Rezeki Lancar!

Inilah 7 Bentuk Sedekah yang Paling Baik Menurut Al-Qur'an, Amalkan Sekarang Jika Ingin Rezeki Lancar!-ShahihFiqih-Youtube

Bentuk sedekah yang paling baik menurut Al-Qur'an yang selanjutnya yaitu sedekah dalam keadaan sehat. Sedekah yang diberikan ketika dalam keadaan sehat lebih baik dan lebih utama daripa bersedekah ketika sedang sakit.

Hal tersebut sesuai dengan sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, bahwa seorang muslim yang bersedekah dalam keadaan sehat, sangat menyayangi hartanya dan takut miskin merupakan sedekah yang paling besar pahalanya.

3. Sedekah dari Kelebihan Harta

Bentuk sedekah yang paling baik menurut Al-Qur'an yang berikutnya yaitu sedekah dari kelebihan harta. Sedekah ini diberikan ketika seorang muslim sudah memenuhi semua kebutuhan sehari-harinya dan masih memiliki kelebihan harta.

Hal tersebut termaktub di dalam Al-Qur'an surah Al-Baqarah ayat 219 yang berbunyi: "Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka sedekahkan. Katakanlah, "Yang lebih dari keperluan. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya supaya kamu berpikir."

BACA JUGA:Inilah Doa Nabi Yunus untuk Rezeki Lancar, Amalkan Setiap Hari dan Rasakan Perbedaannya!

4. Sedekah Sesuai dengan Kemampuan

Sedekah yang sesuai dengan kemampuan termasuk salah satu sedekah yang paling utama. Hal tersebut sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud bahwa, sedekah yang paling utama adalah sedekah yang sesuai dengan kemampuan.

Para ulama mengatakan bahwa, sedekah yang walaupun hanya sedikit tapi sesuai dengan kemampuan lebih baik daripada sedekah yang banyak namun dipaksakan.

5. Sedekah Kepada Keluarga

Para Ulama mengatakan bahwa, seorang muslim yang memberi nafkah yang halal kepada keluarga juga merupakan salah satu bentuk sedekah yang paling utama.

Hal tersebut sesuai dengan sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim bahwa, apabila seorang muslim menafkahi keluarganya semata-mata mengharap ridho Allah, hal tersebut termasuk amalan sedekah yang dicintai Allah.

BACA JUGA:Ayat Seribu Dinar, Ayat Pembuka Rezeki bagi Umat Muslim, Amalkan Secara Rutin Jika Ingin Rezeki Lancar!

6. Sedekah Kepada Orang-Orang Terdekat

Mengutip dari buku berjudul "Fikih Sunnah-Jilid 2" karya Sayyid Sabiq, sedekah yang paling utama adalah sedekah kepada orang-orang terdekat seperti kerabat dan tetangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: