Ternyata Berbeda! Apa itu Zionisme, Yahudi, dan Israel? Ini Penjelasannya

Ternyata Berbeda! Apa itu Zionisme, Yahudi, dan Israel? Ini Penjelasannya

Apa itu Zionisme-freepik-freepik

Meskipun Israel sebagai negara dengan penganut Yahudi terbanyak, tidak semua orang Israel adalah umat maupun warga Yahudi. Menurut data Israel Central Bureau of Statistics, populasi di Israel berjumlah 9,7 juta hingga Desember 2022.

Meskipun 70% adalah mayoritas Yahudi, ada juga 20% warga Arab. Sedangkan komunitas lain seperti Druze, Aram, Armenia, Assyria, Circassia, Samarita, hingga Maronite.

Yahudi

Yahudi merupakan kata yang berasal dari bahasa Ibrani yang bertulis Yehud. Secara etimologi, Yahudi berasal dari kata Judah atau Yehudah. Mereka merupakan aliran atau agama.

Kata Yahudi memiliki pengertian yang bersifat umum, yaitu nama yang diberikan kepada setiap orang yang meyakini agama Yahudi, mempercayainya dan melaksanakan ritualnya. Dengan demikian maka Yahudi mengandung pengertian murni agama.

Jadi, seperti itu perbedaan diantara ketiga kata tersebut yang mungkin ingin kamu ketahui. Apa itu zionisme yang seringkali terlampir dalam postingan-postingan di sosial media akhirnya terungkap. (jml)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: