Mudah dan Ampuh, Ini Dia 10 Cara Mencegah Penyakit Jantung dengan Menghindari Kebiasaan Buruk

Mudah dan Ampuh, Ini Dia 10 Cara Mencegah Penyakit Jantung dengan Menghindari Kebiasaan Buruk

Cara Mencegah Penyakit Jantung --freepik.com/jcomp

RADARPEKALONGAN - Menghindari kebiasaan buruk dan menerapkan gaya hidup sehat setiap hari, adalah cara mencegah penyakit jantung.

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di banyak negara termasuk Indonesia. Sebanyak 29 persen dari total kematian per tahun disebabkan oleh Penyakit jantung.

Sementara itu, penyebab kematian terbanyak berikutnya adalah stroke. Kedua penyakit ini disebabkan oleh tersumbatnya pembuluh darah yang membawa aliran darah dan oksigen.

Usia dan faktor keturunan memang dapat menyebabkan penyakit jantung. Namun, kebiasaan juga dapat menyebabkan penyakit berbahaya ini.

Oleh karena itu, ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan jantung . Simak cara mencegah dan menghindari penyakit jantung di bawah ini!

BACA JUGA:Inilah Buah Semangka yang Sehat untuk Orang Tua Usia 50-an, Bantu Cegah Sakit Jantung

BACA JUGA:Dari Sakit Diabetes Sampai Jantung Terobati, Inilah 9 Manfaat Daun Pepaya yang Luar Biasa!

Cara Mencegah Penyakit Jantung:

1. Berhenti Merokok

Jika kamu seorang perokok, hal pertama yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit jantung adalah berhenti merokok. Merokok faktor yang paling signifikan untuk memicu penyakit jantung.

Zat-zat berbahaya dalam tembakau atau rokok dapat menyebabkan pengerasan pembuluh darah jantung sehingga aliran darah ke jantung tidak lancar. Kerusakan pembuluh darah inilah yang kemudian menjadi penyebab serangan jantung.

Tidak hanya perokok aktif, perokok pasif juga berpeluang terkena penyakit jantung. Hal ini dikarenakan karbon monoksida yang kamu hirup menggantikan sebagian oksigen di dalam darah.

Asap rokok yang terhirup ke dalam tubuh inilah yang kemudian meningkatkan tekanan darah dan detak jantung dengan memaksa jantung bekerja lebih keras untuk menyuplai oksigen yang cukup.

2. Perhatikan Kadar Kolesterol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: