Mudah dan Ampuh, Ini Dia 10 Cara Mencegah Penyakit Jantung dengan Menghindari Kebiasaan Buruk

Mudah dan Ampuh, Ini Dia 10 Cara Mencegah Penyakit Jantung dengan Menghindari Kebiasaan Buruk

Cara Mencegah Penyakit Jantung --freepik.com/jcomp

6. Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Gigi

Cara mencegah serangan jantung yang satu ini mungkin tidak sepopuler yang lainnya, yaitu menjaga kebersihan gigi. Faktanya, bakteri dari gusi yang meradang dapat masuk ke dalam aliran darah dan merusak pembuluh darah.

Area gigi yang tidak dijaga juga dapat menyebabkan pembekuan darah. Jika pembekuan darah terjadi, kemungkinan besar akan menyebabkan serangan jantung.

BACA JUGA:Banyak Khasiatnya, Berikut 6 Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan, Atasi Sakit Jantung hingga Kolesterol

7. Konsumsi Makanan yang Menyehatkan Jantung

Makanan yang mengandung lemak tak jenuh dan rendah kalori baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit jantung datang. Kamu  dapat mengonsumsi lebih banyak biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan makanan yang kaya omega-3.

Hindari makanan yang tinggi lemak jenuh seperti gorengan, makanan cepat saji, jeroan dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa membuat menu makanan sehat sendiri agar tidak membosankan.

Karena pola makan sehat tidak hanya harus dilakukan dalam jangka pendek, tapi harus menjadi komitmen seumur hidup.

8. Kelola Stres dan Emosi

Stres yang berkepanjangan membuat jantung bekerja lebih keras dari yang seharusnya. Oleh karena itu, kamu harus dapat mengelola stres dan emosi dengan baik agar tidak mengganggu kesehatan mental dan fisik.

Kamu dapat mencoba kegiatan seperti meditasi dan sosialisasi karena dapat menurunkan tingkat stres dan emosi negatif. Meditasi membuat otak menjadi lebih tenang sehingga dapat berpikir lebih jernih.

Sementara sosialisasi juga sangat penting untuk menetralkan hati dan pikiran yang lelah.

9. Tidur yang Cukup dan Berkualitas

Penyakit jantung juga dapat dicegah dengan mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas. Orang yang kurang tidur memiliki risiko tekanan darah tinggi, obesitas, serangan jantung, depresi, dan diabetes.

Tidur yang cukup dapat membuat tubuh menjadi lelah sehingga tidak aktif bergerak. Padahal aktif bergerak merupakan salah satu cara untuk mencegah serangan jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: