Bapak- Bapak Wajib Tahu, Begini Cara Menurunkan Kolesterol yang Dapat Dilakukan Sehari-hari

Bapak- Bapak Wajib Tahu, Begini Cara Menurunkan Kolesterol yang Dapat Dilakukan Sehari-hari

Cara Ampuh Menurunkan Kolesterol--freepik.com/lifestylememory

Merokok meningkatkan risiko penyakit jantung dengan berbagai cara, salah satunya mengubah cara tubuh mengolah kolesterol. Sel-sel kekebalan dalam tubuh perokok tidak dapat mengambil kolesterol dari dinding pembuluh darah untuk dibawa ke hati.

Tar tembakau memainkan peran yang lebih besar dalam kerusakan ini daripada nikotin dalam rokok. Kerusakan sel-sel kekebalan tubuh kemudian berkontribusi memperparah penyumbatan pembuluh darah perokok. 

4. Tidur yang Cukup dan Berkualitas

Tahukah kamu bahwa kurang tidur dapat berdampak pada metabolisme kolesterol baik dan kadar lipoprotein darah. Kadar kolesterol baik HDL pada orang yang kurang tidur lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang cukup tidur.

Dalam jangka panjang, kurang tidur dapat menyebabkan serangan jantung. Tidur yang teratur dan berkualitas termasuk dalam langkah-langkah untuk mengembangkan gaya hidup sehat, bukan hanya diet dan olahraga.

Ketika kurang tidur terakumulasi, tubuh pada akhirnya akan merasa sangat lelah dan kemudian berdampak pada pikiran. Pikiran yang terganggu dapat mengakibatkan stres. Sementara itu, stres diketahui sebagai salah satu pemicu meningkatnya kolesterol.

5. Kerjakan Tugas Tepat Waktu untuk Menghindari Stres

Selain kurang tidur, pekerjaan juga dapat memicu stres. Stres yang parah menyebabkan tekanan darah meningkat dan risiko pengerasan arteri, yang dikenal sebagai aterosklerosis.

Pengerasan arteri terjadi ketika plak kolesterol menumpuk di arteri. Melakukan yoga atau berendam di air hangat selama 10 menit setiap hari dapat merilekskan tubuh dan pikiran serta mengurangi stres. 

6. Hindari Minuman Beralkohol

Cara menurunkan kolesterol selanjutnya adalah dengan memperhatikan konsumsi alkohol, jika kamu mengonsumsi alkohol. Kandungan etanol dalam minuman beralkohol diketahui dapat meningkatkan kadar HDL selama dikonsumsi dalam batas yang wajar.

Di sisi lain, konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan penyakit jantung dan hati.

7. Memanfaatkan Suplemen Kolesterol

Terakhir, menurunkan kadar kolesterol juga bisa dibantu dengan mengonsumsi suplemen. Mungkin bagi kamu yang kadar kolesterolnya sudah terlanjur tinggi dan perlu segera menurunkan kadar kolesterol agar tidak memicu penyakit yang lebih berbahaya.

Suplemen yang bisa dikonsumsi antara lain yaitu minyak ikan. Ada juga suplemen serat larut yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen yang efektif menurunkan kadar kolesterol jahat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: