Wajib Tahu! Inilah 3 Buah Tinggi Kolesterol yang Harus Dihindari Agar Tubuh Selalu Sehat

Wajib Tahu! Inilah 3 Buah Tinggi Kolesterol yang Harus Dihindari Agar Tubuh Selalu Sehat

Buah Tinggi kolesterol yang Harus Dihindari--freepik.com/lifeforstock

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Berikut adalah buah-buahan yang tinggi kolesterol dan harus dihindari. Buah-buahan sering dianggap sebagai pilihan makanan terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Buah-buahan kaya akan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang mendukung fungsi tubuh secara optimal. Namun, tidak semua buah merupakan pilihan terbaik bagi penderita kolesterol tinggi.

Beberapa buah memiliki kandungan kolesterol yang lebih tinggi dibandingkan makanan lain. Jumlahnya relatif kecil dibandingkan dengan sumber utama kolesterol dalam makanan, seperti daging, telur, dan produk susu berlemak tinggi. 

Buah-buahan tinggi kolesterol biasanya dikonsumsi dalam bentuk makanan olahan atau hidangan yang mengandung lemak tambahan, seperti mentega atau krim.

Buah-buahan mengalami peningkatan kadar kolesterol saat matang atau melalui proses pematangan tertentu. Hal ini dapat terjadi ketika enzim dalam buah memecah sterol tanaman, yang kemudian menghasilkan kolesterol. 

BACA JUGA:Inilah Daftar Makanan Tinggi Kolesterol yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari, Waspadai Makanan Kue

BACA JUGA:Ternyata Inilah 5 Penyebab Kolesterol Tinggi pada Lansia, Nomor 4 Jarang Kamu Sadari

Buah-Buahan Tinggi Kolesterol

1. Alpukat

Alpukat mengandung lebih banyak lemak daripada buah lainnya. Namun, sebagian besar lemak dalam alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung.

Meskipun kadar kolesterol dalam alpukat rendah, konsumsinya harus tetap dalam batas yang wajar sebagai bagian dari diet seimbang.

2. Durian

Durian adalah buah tropis yang lezat, tetapi juga mengandung jumlah kolesterol yang lebih tinggi dibandingkan dengan kebanyakan buah lainnya.

Kandungan kolesterol dalam durian bervariasi tergantung pada jenis dan tingkat kematangannya. Sebagian besar ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi durian dengan bijak jika Anda memiliki masalah kolesterol tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: