Inilah Tips Menurunkan Kolesterol untuk Pekerja Kantoran yang Terbukti Efektif dan Layak Dicoba

Inilah Tips Menurunkan Kolesterol untuk Pekerja Kantoran yang Terbukti Efektif dan Layak Dicoba

tips menurunkan kolesterol untuk pekerja kantoran --freepik.com/freepik

2. Perbanyak Asupan Makanan Tinggi Omega-3

Tips menurunkan kolesterol untuk pekerja kantoran berikutnya adalah perbanyak mengonsumsi makanan tinggi omega-3

Tidak hanya sayur dan buah dengan kandungan serat yang tinggi, memperbanyak asupan makanan dengan kandungan omega-3 yang tinggi juga dapat membantu menjaga kadar kolesterol darah tetap normal.

Ada banyak makanan kaya omega-3 yang bisa dengan mudah kamu temukan di pasaran, seperti kacang kenari, ikan tuna, ikan salmon, ikan sarden, dan ikan kembung. 

BACA JUGA:Inilah 5 Resep Jamu Seduh untuk Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah dengan Mudah

3. Tingkatkan Asupan Makanan Rendah Lemak

Kolesterol tinggi terjadi karena asupan lemak yang berlebihan di dalam tubuh. Jadi, agar kolesterol tidak melonjak, cobalah untuk mengurangi asupan makanan yang mengandung lemak tinggi, terutama lemak jahat, seperti yang terdapat pada gorengan dan makanan cepat saji.

Sebagai gantinya, pilihlah makanan yang rendah lemak, seperti tempe, tahu, susu rendah lemak, kacang-kacangan, putih telur, daging ayam, ikan, dan daging sapi tanpa lemak. 

4. Berolahraga Secara Rutin

Tidak hanya menjaga pola makan, menjaga kadar kolesterol tetap stabil juga dapat dilakukan dengan berolahraga secara rutin. Olahraga memang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, terutama organ jantung.

Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup lakukan secara rutin selama 30 menit. Lari, jalan kaki, bersepeda, atau berenang bisa menjadi alternatif olahraga yang bisa kamu lakukan sebelum memulai aktivitas di pagi hari.

5. Tidak Merokok

Tips menurunkan kolesterol untuk pekerja kantoran yang terakhir adalah tidak merokok. Bukan tanpa alasan, merokok juga dapt mengganggu keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh.

Merokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh dan membuat pembuluh darah menjadi lebih kaku. Akibatnya, risiko terkena penyakit jantung dan stroke akan meningkat.  

Jika kamu rentan terkena kolesterol, sebaiknya perbaiki gaya hidup dan pola makan dari sekarang. Hindari semua pemicunya, mulailah disiplin untuk hidup sehat dan berolahraga. Meski bekerja, jangan lupa bahwa memiliki tubuh yang sehat tetaplah penting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: