Bupati Pekalongan Fadia Arafiq Serahkan SK Desa Wisata se-Kecamatan Paninggaran

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq Serahkan SK Desa Wisata se-Kecamatan Paninggaran

--

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Bupati Pekalongan Fadia Arafiq menyerahkan Surat Keputusan (SK) Desa Wisata se-Kecamatan Paninggaran. Penyerahan SK secara simbolis dilakukan dalam acara Pers Gathering bersama awak media di Desa Bedagung Kecamatan Paninggaran, Kamis (29/11/2023). 

Sebelum penyerahan SK Desa Wisata se Kecamatan Paninggaran, Bupati Pekalongan Fadia Arafiq bersama OPD terkait dan awak media di Kabupaten Pekalongan menjelajahi alam sekitar dengan menggunakan Jeep Off Road. 

Rombongan berangkat dari Kali Paingan Desa Tenogo Kecamatan Paninggaran dan berakhir di Desa Bedagung Kecamatan Paninggaran tepatnya di tengah hutan pinus. 

Setelah tiba di lokasi, Bupati menyempatkan untuk mengunjungi bazar UMKM potensi lokal warga di Kecamatan Paninggaran. Kemudian dilanjutkan penampilan tarian lokal sebagai selamat datang dan penyerahan SK Desa Wisata se Kecamatan Paninggaran. 

Dalam kesempatan itu, juga ditampilkan ada mula bocah rambut gimbal yang ada di Desa Bedagung Kecamatan Paninggaran. Acara yang dihadiri oleh ratusan warga sekitar dan seluruh kepala Desa berlangsung meriah. 

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq mengaku kagum akan potensi wisata Kabupaten Pekalongan luar biasa. Karena pada saat naik jeep ternyata alam sekitar cukup bagus tidak kalah dengan daerah lain. 

"Saya terkagum-kagum dengan potensi alam Paninggaran dan ternyata setelah masuk kedalam hutan pemandangan cukup indah. Ini merupakan PR buat kita semua untuk menyampaikan kepada masyarakat umum luar Kabupaten Pekalongan, bahwa wisata kita, UMKM banyak, masyarakat ramah dan welcome," katanya. 

Untuk itu, menjadi tugas bersama disosialisasikan potensi desa di Kecamatan Paninggaran. Ini menjadi contoh desa wisata di Kabupaten Pekalongan. 

"Tadi saya menyerahkan SK desa wisata kepada 15 desa dan Paninggaran ini menjadi contoh yang bagus karena Kepala Desa berani mengeksplore keindahan masing masing. Karena kalau kita mengeksplore keindahan desa masing masing maka akan banyak bantuan untuk menuju desa, seperti jalan menuju wisata kemudian bantuan dari Kementrian juga banyak sehingga desa akan berkembang dan masyarakat senang sejahtera," ujarnya.

Kepala Desa Tenogo Kecamatan Paninggaran, Agus Susilo menyampaikan bahwa Desa Desa di Kecamatan Paninggaran banyak memiliki potensi wisata sehingga perlu di explore. 

"Ini akan menjadi persatuan Desa wisata karena ada 15 Desa yang sudah mendapatkan SK. Adapun potensi wisata seperti tadi Jeep Adventure dengan rute susur sungai, Kebon teh dan jalur pendek hutan pinus. Kemudian ada potensi wisata air, camping ground, peternakan, UMKM jadi banyak pilihan," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: