6 Adab Shalat Jumat, Nomor 6 Kerap Dilakukan Tanpa Disadari Itu Tak Sesuai Sunnah

6 Adab Shalat Jumat, Nomor 6 Kerap Dilakukan Tanpa Disadari Itu Tak Sesuai Sunnah

Setiap hari Jumat setiap muslim wajib ke masjid untuk melaksanakan shalat Jumat.-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Adab shalat Jumat harus dipahami setiap muslim, agar ibadah shalat Jumat tidak sia-sia dan mendapatkan pahala yang besar.

Shalat Jumat merupakan shalat yang wajib bagi setiap muslim. Bahkan, setiap muslim yang tengah bekerja atau beraktivitas diseru bersegera meninggalkan pekerjaan dan aktivitasnya untuk menunaikan shalat Jumat.

Dalam surat Al Jumu'ah ayat 9, Allah Ta'ala berfirman: “Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli.”

Jika adzan Jumat telah berkumandang, bersegeralah menuju ke masjid untuk melaksanakan shalat Jumat. Tinggalkan segala aktivitas duniawi untuk meraih kebaikan dunia akhirat dengan melaksanakan kewajiban shalat Jumat.

Baca juga:Keutamaan Sedekah di Hari Jumat, Pahala Dilipatgandakan

Dalam melaksanakan shalat Jumat, perhatikan beberapa adab shalat Jumat sesuai sunnah Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Agar ibadah shalat Jumat yang dilakukan tidak sia-sia dan berpahala besar.

Berikut ini enam adab shalat Jumat sesuai sunnah seperti dilansir dari rumaysho:

1. Datang lebih awal ke masjid

Setiap muslim disunnahkan untuk datang lebih awal ke masjid agar mendapatkan keutamaan ibadah ini. Barangsiapa datang shalat Jumat di awal waktu, ia seperti berkurban dengan unta. Semakin terlambat, maka keutamaan yang diperolehnya akan kian kecil.

Dalilnya, hadist dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Siapa yang berangkat Jumat di awal waktu, maka ia seperti berkurban dengan unta. Siapa yang berangkat Jumat di waktu kedua, maka ia seperti berkurban dengan sapi. Siapa yang berangkat Jumat di waktu ketiga, maka ia seperti berkurban dengan kambing gibas yang bertanduk. Siapa yang berangkat Jumat di waktu keempat, maka ia seperti berkurban dengan ayam. Siapa yang berangkat Jumat di waktu kelima, maka ia seperti berkurban dengan telur." (HR Bukhari, Muslim)

Baca lagi:Sudahkan Baca Surah Al Kahfi Hari Ini? Berikut 6 Amalan Sunah di Hari Jumat

2. Berangkat dari rumah dalam keadaan berwudhu

Adab shalat Jumat kedua ialah sudah dalam keadaan berwudhu dari rumah saat berangkat ke masjid. Dalilnya, dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa yang berwudhu, lalu memperbagus wudhunya kemudian ia mendatangi (shalat) Jumat, kemudian (di saat khutbah) ia betul-betul mendengarkan dan diam, maka dosanya antara Jumat saat ini dan Jumat sebelumnya ditambah tiga hari akan diampuni. Dan barangsiapa yang bermain-main dengan tongkat, maka ia benar-benar melakukan hal yang batil (lagi tercela)." (HR Muslim)

3. Mandi Jumat dan bersih-bersih diri dari rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: