Masih Suka Lupa Kalau Belajar? Yuk Ikuti 5 Tips Menghafal Mata Pelajaran dengan Metode Ditulis

Masih Suka Lupa Kalau Belajar? Yuk Ikuti 5 Tips Menghafal Mata Pelajaran dengan Metode Ditulis

Inilah Tips Menghafal Mata Pelajaran-Tangkap layar -Freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Dalam belajar, menghafal mata pelajaran juga menjadi aktivitas yang harus dilakukan. Dengan menghafal, kita sedang berupaya mengulang mata pelajaran supaya bisa lebih mudah mengingatnya nanti. Tetapi seperti yang diketahui bersama bahwa aktivitas menghafal bisa dibilang gampang-gampang sulit.

Sehingga butuh menguasai metode yang pas dalam menghafal mata pelajaran. Sesungguhnya dengan menulis kalian juga dapat berlatih buat menghafal mata pelajaran, lho. Jadi, coba deh ikuti dahulu 5 tips menghafal mata pelajaran dengan ditulis berikut ini.

1. Tuliskan lebih dahulu prioritas yang butuh kalian hafal dari mata pelajaran tersebut

Umumnya dalam mata pelajaran, ada bermacam topik yang butuh dimengerti Nah, tiap topik pelajaran pula mempunyai tingkatan kesulitannya masing-masing. Di sini kalian butuh memastikan prioritas dari mata pelajaran yang mau kalian hafal.

Dengan begitu, kalian tidak akan kesusahan saat menghafal mata pelajaran tersebut. Tuliskan dahulu prioritas dengan memperhitungkan tingkatan uraian gampang ataupun sulitnya topik-topik yang tercantum dalam mata pelajaran tersebut. Sehingga kalian bisa lebih gampang menghafal mata pelajaran yang terdapat secara teratur.

BACA JUGA:Bunda Literasi Kota Pekalongan Sambangi Bookfair Perpustakaan Unikal

2. Tuliskan kata kunci penting yang butuh dihafal

Dengan begitu banyaknya kalimat dari paragraf mata pelajaran yang terdapat kalian hendaknya butuh memastikan strategi menghafal pelajaran yang lebih efisien. Salah satu tips yang dapat kalian coba adalah dengan menuliskan bermacam kata kunci dari tiap paragraf tersebut.

Cari ataupun tentukan dahulu apa saja kata kunci penting dari kalimat-kalimat dari mata pelajaran tersebut. Ingat pula jika kata kunci tersebut hendaknya adalah kata kunci yang dapat kalian hafal dengan baik. Dengan demikian, kalian akan lebih terbantu saat akan menghafal mata pelajaran.

3. Tulis kembali sedetail mungkin materi pelajaran yang sudah coba kamu hafal.

Kamu bisa mencoba untuk menghafal dulu mata pelajaran yang ada. Lalu kamu bis memperkuat hasilnya dengan menulis kembali semampu kamu. Ingatlah buat menuliskan kembali mata pelajaran tersebut dengan dengan detail supaya bisa melatih diri buat menghafalnya dengan baik.

Jangan lupa buat menguasai materi pelajaran tersebut. Ini supaya kamu tidak cuma semata-mata menghafal, tetapi paham pula inti dari mata pelajaran tersebut. Tidak butuh terburu-buru, santai saja dalam menulis kembali materi pelajaran yang telah dihafal, supaya hasilnya juga lebih optimal

4. Tuliskan ringkasan dari materi pelajaran tersebut

Tidak cukup hanya dengan menuliskan kembali secara detail. Kamu juga memerlukan untuk menulis ringkasan dari mata pelajaran tersebut. Hal ini agar kamu dapat senantiasa mengingat point penting dari pelajaran yang ada. Sehingga kamu tidak akan kewalahan saat kamu butuh menghafal serta mengingat ulang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: