Dana Alokasi Khusus Bidang Pendidikan Kabupaten Pekalongan Naik, Ditaksir Capai Rp 27,8 Miliar

Dana Alokasi Khusus Bidang Pendidikan Kabupaten Pekalongan Naik, Ditaksir Capai Rp 27,8 Miliar

--

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2024 mendatang untuk sarana prasarana bidang pendidikan naik drastis. Kenaikan DAK dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2024 mendatang untuk dunia pendidikan Kabupaten Pekalongan ditaksir mencapai Rp 27,8 miliar. 

Adapun kenaikan DAK mencapai tiga kali lipat dibanding tahun 2023 yaitu Rp 8 miliar kini menjadi Rp 27,8 miliar. Dana aliran pusat tersebut digelontorkan untuk peningkatan sarana prasarana pendidikan seperti rehabilitasi ruang kelas dan lainnya. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan, Kholik menyampaikan bahwa tahun 2024 DAK untuk Kabupaten Pekalongan naik tiga kali lipat. Karena sebelumnya, untuk DAK tahun 2023 ini alokasi anggaran sekitar Rp 8,2 miliar.

"Sedangkan tahun 2024 mendatang hampir Rp 27, 8 miliar untuk bidang pendidikan. Karena untuk sarana dan prasarana bidang pendidikan harus banyak yang dibenahi. Sehingga ditahun 2024 sarana pendidikan benar benar berkualitas, " katanya. 

Selain DAK untuk sarana pendidikan, kemudian ditahun 2024 mendatang akan ada penambahan untuk sekolah TK negeri. 

"Pemerintah Kabupaten Pekalongan secara bertahap juga menambah sejumlah sekolah negeri sampai ke wilayah pinggiran, diantaranya di Kecamatan Petungkriyono dan Kecamatan Paninggaran, " lanjutnya. 

Sementara Bupati Pekalongan Fadia Arafiq menyampaikan bahwa dengan adanya rehabilitasi ruang kelas di sekolah negeri, secara berangsur prestasi pendidikan juga ikut naik. Karena sudah berapa kali siswa berprestasi berhasil meraih juara tingkat provinsi Jawa Tengah. 

"Dengan meraih juara dalam Kurikulum Merdeka kemarin menjadi kebanggaan. Hal ini membuktikan bahwa akan kepedulian dalam bidang pendidikan untuk terus naik, " imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: