Tahukah Kamu Bagaimana Cara Menggunakan Metode Cepat menghafal Surat-Surat Pendek?

Tahukah Kamu Bagaimana Cara Menggunakan Metode Cepat menghafal Surat-Surat Pendek?

Inilah Metode Cepat menghafal Surat-Surat Pendek-Tangkap layar -Freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID-Jika seorang telah mempunyai niat yang kokoh untuk menghafal Al-Quran, maka tidak ada yang bisa menghalanginya buat terus menghafal. Dan salah satu metode untuk menghafal Al-Quran yaitu mengawalinya dengan yang lebih gampang untuk dihafal, dan pastinya surat-surat pendek itu lebih gampang buat dihafal, kenapa demikian?

Tidak hanya karena ayat-ayatnya pendek-pendek, ia juga kerap dibaca oleh para imam shalat terutama untuk para imam yang tidak mempunyai banyak hafalan sehingga surat-surat pendek ini akan lebih gampang dihafal. 

Metode menghafal surat-surat pendek

Terdapat banyak metode menghafal surat-surat pendek, antara lain :

1. Memperbanyak mendengar saat sebelum memulai menghafal, dapat dengan kaset murattal dan mendengarkan dengan khusyu'. dari para imam shalat yang mayoritas dari mereka kerap membaca surat-surat pendek dalam shalat maghrib, isya serta subuh.

Ataupun yang lebih kerap lagi pada saat shalat tarawih di bulan ramadhan, dimana kebanyak imam membaca surat-surat pendek.

2. Memperbanyak membaca surat-surat pendek tersebut sehingga saat kita mulai menghafalnya maka lidah kita sudah akrab dengan ayat-ayat yang akan kita hafal. setelah itu ketika sudah yakin kalau surat-surat tersebut telah kita hafal, baru pindah ke surat selanjutnya.

3. Jangan lupa membacanya di hadapan seseorang yang bacaan ataupun hafalan Al-Qurannya lebih baik dari kita ataupun seseorang guru tahfizh Al-Quran buat menyimak hafalan kita, ini wajib kita jalani buat menjauhi salah baca serta salah menghafal.

4. Lakukan pengulangan (muraja'ah) secara teratur. Paling utama kita baca dalam shalat 5 waktu ataupun dalam shalat sunnah.

5. Upayakan membaca hafalan sesuai dengan urutan yang tercantum di dalam Al-Quran, misalnya kita membaca surat Al-Qari'ah,. At-Takatsur setelah itu surat Al-'Ashr. terus hingga surat An-Nas. Sehingga kita sanggup menyusunkan hafalan kita sesuai urutan yang terdapat dalam Al-Quran.

Demikian, mudah-mudahan selesai kita sanggup menghafal surat-surat pendek tersebut, membuat kita tertarik buat menghafal surat-surat panjang sehingga kita bisa merasakan nikmatnya menghafal Al-Quran.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: