Gelar Sandika V, Prodi Matematika FKIP Unikal Hadirkan 61 Pemakalah

Gelar Sandika V, Prodi Matematika FKIP Unikal Hadirkan 61 Pemakalah

JELASKAN - Narasumber Sandika V sedang menjelaskan materi kepada peserta seminar -FOTO -Malikha

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Sebanyak 61 pemakalah dari 8 Provinsi di Indonesia mengikuti “Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan (Sandika V) di Auditorium Adaro Gedung F Universitas Pekalongan (Unikal), yang digelar oleh Program studi (prodi) Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unikal.

Sandika V ini bertema “Peluang dan Tantangan Inovasi Pembelajaran Matematika di Era Kurikulum Merdeka”. Dalam pembukaan Sandika V turut hadir Rektor Universitas Pekalongan, Andi Kushermanto, S.E., M.M, jajaran wakil rektor dan jajaran dekan di lingkungan Unikal.

Acara ini menjadi ruang berdiskusi dan berbagi berbagai inovasi pembelajaran matematika dan penelitian pendidikan matematika dari mahasiswa sarjana dari berbagai perguruan tinggi. Seminar ini diikuti oleh 54 peserta dan 61 pemakalah yang berasal dari 8 Provinsi di Indonesia. 

BACA JUGA:Gelar Evaluasi KAK LIA dan Serah Terima Hibah dari Fakultas Ilmu Kesehatan Unikal

BACA JUGA:Tingkatkan Minat Literasi, Perpustakaan Unikal Gelar Bookfair 2023

Ketua Panitia Sandika V Amelia Fitri, M.Pd menjelaskan, Sandika V diselenggarakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika serta sebagai sarana mempublikasikan penelitian matematika. 

"Dari kegiatan ini kita memiliki tujuan yang pertama, yaitu untuk meningkatkan kualitas dosen mahasiswa kemudian juga guru dan juga masyarakat umum terkait bidang matematika dan pendidikan matematika. Lalu yang kedua adalah sarana untuk publikasi hasil penelitian baik dari dosen, guru ataupun mahasiswa di bidang pendidikan matematika," ungkap Amelia.

Ditambahkan olehnya, para peserta yang turut menghadiri kegiatan Sandika V ini adalah dosen, mahasiswa, guru MGMP matematika baik dari Batang, Pemalang, Kabupaten Pekalongan dan Kota Pekalongan SMP, SMA, SMK/ MA.

Dalam Sandika V setidaknya ada 3 narsumber berkompeten yang hadir untuk memberikan ilmunya, yaitu Dr. Djamilah Bondan Widkakamti, M.Si menyampaikan pengembangan mengenai stategi pembelajaran matematika inovatif di era Kurikulum Merdeka, Prof. Dr. Achmad Buchori, M.Pd. narasumber kedua membahas mengenai Optimalisasi AR/VR dalam Pembelajaran Matematika. Serta Narasumber yang ketiga M. Najibufahmi, M.Sc. menjelaskan teori titik tetap dan aplikasinya. 

Sementara itu, Dekan FKIP Unikal Dr Fahrudin Eko Hardiyanto MPd menambahkan bahwa kegiatan yang digelar rutin setiap tahun ini dengan kreativitas fokus yang selalu dipilih oleh pendidikan matematika secara tepat. Tahun ini Prodi Pendidikan Matematika melalui Sandika V mengambil tema inovasi pembelajaran inovasi pembelajaran matematika yang menyenangkan.

"jadi mengapa diusung tema belajar Matematika itu menyenangkan, karena mungkin akhir-akhir ini kan belajar matematika cenderung menurun, jadi dengan pemikiran baru ini nanti muncul lah minat motivasi belajar matematika yang lebih segar di kalangan pendidikan serta mampu memberikan banyak kontribusi pemikiran gagasan terkait dengan model-model pembelajaran, strategi pembelajaran, inovasi pembelajaran itu sendiri untuk dunia pendidikan khususnya pembelajaran matematika baik di sekolah maupun di luar sekolah yang dilakukan oleh masyarakat," pungkas Fahrudin.(mal)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: