Wajib Tahu! 3 Bahaya Sering Konsumsi Makanan Manis Tinggi Gula Bagi Tubuh

Wajib Tahu! 3 Bahaya Sering Konsumsi Makanan Manis Tinggi Gula Bagi Tubuh

Sering Konsumsi Makanan Manis Tinggi Gula--Freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Bahaya sering konsumsi makanan manis tinggi gula bisa menyebabkan penyakit kronis. Bahkan tidak bisa disembuhkan. 

Perlu kamu ketahui, bahwa jumlah penderita diabetes makin tinggi di Indonesia per tahunnya. Menurut data International diabetes Federation (IDF) jumlahnya selalu naik. 

Misalnya saja pada tahun 2019 ada penderita diabetese sebanyak 10,7 juta. Dua tahun selanjutnya 2021 meningkat tajam menjadi 19,5 juta orang.

BACA JUGA:8 Pilihan Makanan Sehat dan Manis yang Tidak Bikin Kadar Gula Darah Naik

BACA JUGA:7 Buah yang Baik untuk Penderita Diabetes agar Gula Darah Tak Naik dan Cegah Badan Lemas

Penderita gula darah di Indonesia yang makin meningkat ini sudah jadi perhatian serius. Mengingat jumlahnya meningkat drastis selama 2 tahun. 

Seputar Penderita Diabetes

Penderita diabetes sekarang ini sudah tidak memandang usia. Bahkan usia yang masih belia saja bisa terkena sakit diabetes. 

Sering konsumsi makanan manis tinggi gula bisa jadi pemicu naiknya gula darah. Kadar gula darah yang normal sekitar 125 mg/dL sedang puasa selama 8 jam. 

Kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes akan melonjak naik drastis sampai lebih dari 180 mg/dL setelah makan 1-2 jam. 

Tanda pendeita diebetes diantaranya haus berlebihan, sakit kepala, gangguan penglihatan dan sering buang air kecil.

Sementara untuk yang belum menderita diabetes hanya berada di kisaran 100 sampai 125 mg/dL. Penyebab diabetes bisa disebabkan karena beberepa faktor. 

Diantara beberapa faktor tersebut diantaranya faktor gen, pola makan sering konsumsi makanan manis tinggi gula, kurang bergerak, kesehatan memburuk,menjalani operasi sampai stres

BACA JUGA:Ini Dia 8 Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Naga Merah untuk Ibu Hamil yang Wajib Diketahui!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: