Ini Dia 5 Jenis Olahraga yang Aman untuk Penderita Osteoarthritis, Cocok untuk Penderita Nyeri Lutut

Ini Dia 5 Jenis Olahraga yang Aman untuk Penderita Osteoarthritis, Cocok untuk Penderita Nyeri Lutut

olahraga yang aman untuk penderita osteoarthritis --freepik.com/senivpetro

Journal of Rheumatology mengklaim bahwa berenang dapat mengurangi nyeri sendi dan kekakuan yang berhubungan dengan osteoartritis.

Oleh karena itu, usahakan untuk melakukan olahraga air ini secara rutin agar dapat mencapai hasil yang maksimal.

2. Sepeda latihan

Olahraga yang benar selanjutnya bagi penderita osteoarthritis adalah dengan menggunakan sepeda olahraga. Duduk di atas sepeda olahraga dapat membantu mengurangi ketegangan pada tubuhmu.

Sementara itu, gerakan pedal melingkar dapat mengurangi risiko nyeri lutut. Selama latihan, jangan lupa untuk meningkatkan intensitas latihan dengan menyesuaikan resistensi pada pedal untuk mencapai hasil yang maksimal.

Kamu juga dapat melakukannya dengan meningkatkan kecepatan pedal pada sepeda olahraga.

Untuk keamanan yang lebih baik, gunakan sepeda dalam posisi berbaring untuk menopang punggungmu jika kondisi ini disertai dengan sakit punggung.

Sepeda jenis ini memiliki sandaran yang umumnya mirip dengan sandaran kursi. Jika kamu memiliki alat ini di rumah, tentunya akan lebih nyaman bagimu untuk menggunakannya.

3. Berjalan kaki

Berjalan adalah pilihan olahraga yang paling mudah bagi penderita osteoartritis. Karena kamu tidak perlu mengeluarkan uang atau menggunakan alat khusus, menggunakan sepatu lari saja sudah cukup.

Kamu juga dapat berlatih olahraga ini di mana saja dan kapan saja.

BACA JUGA:Ini Dia Daftar Makanan yang Mengandung Kalsium, Wajib Kamu Konsumsi agar Tulangmu Selalu Kuat dan Sehat

Kamu dapat berjalan dengan kecepatan yang sesuai dengan kemampuanmu. Namun, pertahankan kecepatan saat berlari cepat, termasuk saat berjalan di atas treadmill.

Semakin cepat kamu berjalan, semakin besar beban pada lututmu. Jalan kaki membakar jumlah kalori yang sama dengan jogging. Namun, berjalan relatif lebih aman karena ketegangan pada lutut tidak terlalu besar.

Jika memungkinkan, berjalanlah di atas treadmill. Latihan treadmill memungkinkanmu untuk berlatih di permukaan kaki yang lebih rata dan nyaman, sehingga berguna untuk mengurangi risiko nyeri lutut saat berolahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: