4 Cara Merawat Pohon Belimbing Wuluh, Agar Berbunga dan Berbuah Lebat

4 Cara Merawat Pohon Belimbing Wuluh, Agar Berbunga dan Berbuah Lebat

Pohon belimbing wuluh harus dirawat dengan baik.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Belimbing wuluh kaya manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Oleh karena itu, tanaman Belimbing wuluh harus dirawat dengan baik agar menghasilkan bunga yang berkualitas dan buah yang lebat.

Tanaman belimbing wuluh tergolong tanaman yang tidak ribet. Perawatannya cukup sederhana. Tanaman ini pun bisa tumbuh dengan baik meskipun kondisi tanahnya kurang subur.

Meski demikian, agar tanaman belimbing wuluh berbunga dan berbuah yang lebat tetap saja membutuhkan perawatan yang baik. Ndak perlu khawatir, perawatannya tidak seribet merawat tanaman lainnya.

Sangat disayangkan jika tanaman belimbing wuluh yang ada di pekarangan rumah kita ndak berbunga atau berbuah. Padahal banyak manfaat dari bunga dan buah belimbing wuluh. Diantaranya belimbing wuluh bermanfaat untuk mencegah diabetes, mengatasi hipertensi hingga untuk kecantikan. 

Baca juga:Cara Meracik Bunga Belimbing Wuluh untuk Meredakan Batuk, Warnanya Kemerahan dengan Rasa Manis agak Asam

Perhatikan cara merawat pohon belimbing wuluh agar berbunga dan berbuah lebat berikut ini:

1. Memilih lokasi yang tepat

Untuk tumbuh dengan baik, pohon belimbing wuluh membutuhkan sinar matahari yang cukup. Untuk itu, tanamlah pohon belimbing wuluh di lokasi yang mendapatkan sinar matahari sepanjang hari atau setidaknya enam hingga delapan jam per hari.

2.Perawatan tanah yang baik

Agar berbunga yang berkualitas, belimbing wuluh usahakan ditanam di tanah yang subur dan memiliki drainase yang baik. Pemupukan dilakukan secara teratur untuk memberikan nutrisi yang cukup bagi pertumbuhan pohon.

3.Penyiraman dan pemupukan yang benar

Jika pohon belimbing wuluh masih kecil, lakukan penyiraman secara teratur, terutama pada musim kemarau. Pastikan tanah tidak terlalu basah, sebab itu bisa menyebabkan akar membusuk. 

Selain itu, berikan pupuk organik atau pupuk kandang secara rutin untuk menjaga kesuburan tanah.

Baca lagi:7 Manfaat Bunga Belimbing Wuluh untuk Kecantikan, Mengatasi Jerawat dan Bekasnya hingga Mengurangi Noda Hitam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: