Cara Meracik Bunga Belimbing Wuluh untuk Meredakan Batuk, Warnanya Kemerahan dengan Rasa Manis agak Asam

Cara Meracik Bunga Belimbing Wuluh untuk Meredakan Batuk, Warnanya Kemerahan dengan Rasa Manis agak Asam

Bunga belimbing wuluh sejak dulu dimanfaatkan untuk obat batuk.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN - Bunga belimbing wuluh sejak dulu dipercaya mampu mengobati batuk. Obat batuk herbal ini alami, murah, dan ampuh mengobati batuk membandel.

Masih ingat tatkala waktu kecil batuk, orang tua memetik bunga belimbing wuluh di kebun. Bunga ini lantas direbus hingga mendidih. Selanjutnya, air rebusan belimbing wuluh tadi dituang dalam gelas.

Untuk pemanisnya, orang tua kita memberikan gula batu. Racikan nenek moyang ini pun diminumkan untuk anaknya yang tengah batuk.

Setiap orang pasti pernah batuk. Penyakit ini sangat menganggu. Oleh karena itu, batuk harus segera diobati.

Baca juga:7 Manfaat Bunga Belimbing Wuluh untuk Kecantikan, Mengatasi Jerawat dan Bekasnya hingga Mengurangi Noda Hitam

Salah satu cara untuk mengatasi batuk ialah dengan racikan herbal bunga belimbing wuluh. Caranya mudah. Harganya pun murah. Bahkan bisa tanpa biaya jika di pekarangan atau kebun ada tanaman belimbing wuluh.

Bunga belimbing wuluh harus diolah dan dicampur bahan lainnya agar efektif mengobati batuk. Mengutip dari Buku Toga, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian, berikut bahan dan cara meracik bunga belimbing wuluh untuk mengobati batuk.  

Bahan yang disiapkan berupa bunga belimbing wuluh 1 genggam, adas manis secukupnya, air 1/4 cangkir, dan gula batu secukupnya.

Cuci bunga belimbing wuluh hingga bersih. Kemudian, haluskan bunga belimbing wuluh, adas manis, dan gula batu, serta masukkan air.  Minum ramuan herbal tersebut satu sampai dua sendok makan dua kali sehari. Bila batuk tidak juga mereda, sebaiknya mengunjungi dokter untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. 

Baca lagi:10 Manfaat Bunga Belimbing Wuluh untuk Kesehatan, Mengobati Asam Urat hingga Meredakan Flu Batuk

Racikan bunga belimbing wuluh untuk meredakan batuk seperti dilansir di kanal Youtube Dapur Sashi dengan judul Obat Batuk Ampuh Bunga Belimbing Wuluh untuk Bayi, dilihat pada Senin, 30 Oktober 2023, adalah siapkan bahan berupa tiga genggam bunga belimbing wuluh dicuci bersih, gula batu dan 200 mg air putih. Bahan-bahan itu dikukus.

Siapkan panci untuk mengukus. Bunga belimbing wuluh diletakkan di wadah alumunium atau kaca lalu dikukus. Jangan gunakan wadah plastik saat membuat obat herbal ini. 

Lalu taruh gula batu di atasnya dan disiram dengan air. Gunakan gula batu, jangan gula pasir. Tutup rapat dan kukus selama 30 menit. Rasanya manis agak asam. Balita pun akan menyukainya.

Setelah 30 menit, matikan api. Setelah agak dingin, saring racikan tadi. Warnanya akan kemerahan dengan rasa yang manis sedikit asam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: