10 Sedekah Yang Paling Utama Dalam Islam, Salah Satunya Menafkahi Keluarga

10 Sedekah Yang Paling Utama Dalam Islam, Salah Satunya Menafkahi Keluarga

Ilustrasi bersedekah.-Tangkapan layar freepik.com-

Baca juga:Keutamaan Sedekah di Hari Jumat, Pahala Dilipatgandakan

7. Bersedekah kepada tetangga

Dalam surat An Nisaa ayat 36 disebutkan perintah berbuat baik kepada tetangga, baik yang dekat maupun yang jauh. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam juga bersabda kepada Abu Dzar: "Wahai Abu Dzar! Jika kamu memasak sop, maka perbanyaklah kuahnya, lalu bagilah sebagiannya kepada tetanggamu." (HR. Muslim).

8. Bersedekah untuk jihad fii sabilillah

9. Bersedekah kepada kawannya yang berada di jalan Allah

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam: "Dinar yang paling utama adalah dinar yang dikeluarkan seseorang untuk menafkahi keluarganya, dinar yang dikeluarkan untuk kendaraannya (yang digunakan) di jalan Allah dan dinar yang dikeluarkan kepada kawannya di jalan Allah.” (HR. Muslim).

Baca lagi:Bukti Dahsyatnya Sedekah, Ikuti Kisah Abud Dahdaa yang Sedekahkan 600 Pohon Kurmanya

10. Sedekah jariyah

Sedekah jariyah adalah sedekah yang pahalanya terus mengalir meskipun ia sudah meninggal. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: "Apabila cucu Adam meninggal, maka terputuslah seluruh amalnya kecuali tiga; sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan atau anak shalih yang mendoakan (orang tua)nya.” (HR. Muslim).

Diantara sedekah jariyah adalah wakaf pembangunan masjid, madrasah, pengadaan sarana air bersih, menggali sumur, menanam pohon agar buahnya dapat dimanfaatkan banyak orang dan proyek-proyek lain yang dimanfaatkan secara berkelanjutan oleh masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: