Mudah Dilakukan! Begini Tips Cara Menanam Cabai Memanfaatkan Galon Bekas, Dijamin Berbuah dengan Lebat

Mudah Dilakukan! Begini Tips Cara Menanam Cabai Memanfaatkan Galon Bekas, Dijamin Berbuah dengan Lebat

Mudah Dilakukan! Begini Tips Cara Menanam Cabai Memanfaatkan Galon Bekas, Dijamin Berbuah dengan Lebat-Petani Kreatif TV-Youtube

1. Persiapan Galon Bekas

Cara menanam cabai memanfaatkan galon bekas yang pertama yaitu dengan mempersiapkan galon bekasnya terlebih dahulu. Bersihkan terlebih dahulu galon bekas tersebut, jika galonnya terlihat kotor.

Kemudian, yang harus dilakukan adalah potong galon menjadi dua bagian mengikuti garis yang ada. Buatlah lubang drainase untuk memastikan aliran air yang lancar dan mencegah genangan di dalam pot.

2. Pemberian Warna pada Galon

Supaya lebih menarik dan melindungi akar dari paparan sinar matahari secara langsung, kalian bisa memberikan warna pada galon. kalian dapat mengecat bagian luar galon lalu jemur sampai kering.

BACA JUGA:7 Cara Mudah Menanam Tanaman Cabe untuk Pemula agar Cepat Berbuah

BACA JUGA:Gampang Sekali! Cukup dengan Beli Cabai di Pasar Kalian Sudah Mendapatkan Benih Untuk Ditanam

3. Pembuatan Media Tanam

Langkah yang ketiga adalah mencampurkan tanah, kompos, dan arang sekam dengan perbandingan 2:1:1. Selain menggunakan tanah atau kompos, kalian juga dapat menggunakan pupuk kandang.

Jika ada, bisa ditambahkan kapur dolomit sebanyak satu genggam atau satu gelas. Lalu aduk sampai merata dan isi galon bekas yang sudah kering dengan campuran ini.

4. Penanaman Bibit Cabai

Setelah galon bekas sudah terisi dengan media tanam, basahi terlebih dahulu media tanamnya. Kemudian ambil bibit cabai dan tanam dibagian tengah galon bekas tersebut. 

Timbunlah dengan tanah hingga sebatas daun lembaga atau sekiranya bibit tanaman cabai tersebut dapat berdiri dengan tegak. Setelah itu siram tanaman cabai secara perlahan. 

BACA JUGA:Nggak Perlu Galau Harga Cabai Mahal, Inilah 6 Trik Menanam Cabai di Polybag Agar Berbuah Lebat

BACA JUGA:Harga Cabai Mahal? Nggak Usah Khawatir Lagi, Begini Cara Menanam Cabai di Polybag agar Berbuah Lebat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: