Apakah Laptop Harus Rutin Dibersihkan? Lakukan Hal Ini Agar Laptop Tahan Lama dan Awet Bertahun-Tahun!

Apakah Laptop Harus Rutin Dibersihkan? Lakukan Hal Ini Agar Laptop Tahan Lama dan Awet Bertahun-Tahun!

Apakah Laptop Harus Rutin Dibersihkan? Lakukan Hal Ini Agar Laptop Tahan Lama dan Awet Bertahun-Tahun!-freepik.com-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Rutin membersihkan laptop dapat membuat laptop tahan lama dan awet bertahun-tahun. Bagaimana cara membersihkannya? Cek jawabannya dalam artikel ini.

Menumpuknya debu dan partikel kecil pada laptop dapat menyumbat ventilasi pendingin sehingga memicu turunnya kinerja perangkat laptop.

Laptop yang awet dan tahan lama dihasilkan dari cara perawatan yang tepat. Rutin membersihkan laptop dari debu dan partikel yang menempel menjadi salah satu cara merawatnya.

Selain dapat menimbulkan masalah pada perangkat di dalamnya. Laptop yang kotor akan terlihat kurang menarik dipandang mata.

Maka dari itu, artikel ini akan membagi cara membersihkannya agar laptop tahan lama dan awet bertahun-tahun. Jadi, simak sampai akhir ya.

Sebelum membersihkan laptop dari debu, kamu harus memastikan semua perangkat laptop dalam keadaan mati. Hal ini bertujuan untuk menghindari korsleting atau masalah lainnya.

Karena laptop merupakan perangkat elektronik yang sensitif dan rentan terjadi kerusakan. Sehingga sangat dianjurkan untuk selalu berhati-hati dalam membersihkannya.

Jika laptop rajin dibersihkan secara berkala, maka menutup kemungkinan terjadinya kerusakan. Bahkan perawatan yang baik akan memperpanjang umur laptop.

Meskipun laptop sebagai benda elektronik memiliki batasan pemakaian, akan tetapi dengan rajin membersihkannya membuat laptop memiliki performa yang stabil dan optimal.

BACA JUGA:Bagaimana Cara Mengatasi Laptop Lemot di Windows 11? Cari Tahu Penyebab dan Solusinya Disini!

BACA JUGA:Berapa Kapasitas RAM Laptop yang Ideal? Berikut Tips Memilih RAM Laptop yang Sesuai Kebutuhan

Cara menjaga laptop agar tahan lama dan awet bertahun-tahun meliputi membersihkan komponen internal (software) dan eksternal (hardware).

Kedua komponen tersebut sama-sama penting karena mempengaruhi performa laptop. Jika salah satu komponen saja bermasalah, maka dapat memicu komponen lainnya.

Namun cara membersihkan laptop yang akan dibahas dalam artikel ini yaitu membersihkan komponen eksternal yang terdiri dari beberapa perangkat yang terpasang dalam laptop, meliputi:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: cara-membersihkan-laptop-dari-debu-dan-kotoran-yang-menumpuk-21u8yjorq6d/full