Berapa Kapasitas RAM Laptop yang Ideal? Berikut Tips Memilih RAM Laptop yang Sesuai Kebutuhan

Berapa Kapasitas RAM Laptop yang Ideal? Berikut Tips Memilih RAM Laptop yang Sesuai Kebutuhan

Berapa Kapasitas RAM yang Ideal? Berikut Tips Memilih RAM Laptop yang Sesuai Kebutuhan-freepik.com-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Berikut tips memilis RAM laptop yang sesuai kebutuhan. Bagi sebagian pengguna, mempertimbangkan kapasitas RAM laptop yang ideal adalah hal yang penting. Kira-kira berapa RAM yang idealnya dibutuhkan? Simak selengkapnya di sini.

RAM atau (Random Access Memory) merupakan komponen penting yang harus ada dalam laptop atau PC. Jumlah RAM pada tiap-tiap perangkat berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan.

RAM sebagai tempat penyimpanan sementara data diharapkan bekerja secara cepat dan lancar. Maka dari itu, ketahui tips memilih  RAM laptop yang sesuai kebutuhan.

Pada dasarnya dalam memilih laptop, tak luput dari mengecek kapasitas RAM. Hal ini dikarenakan semakin besar kapasitas RAM akan membuat kinerja laptop semakin lancar.

Kini kapasitas RAM 8GB dapat ditemui pada laptop yang murah sampai yang agak mahal. Nah, sebenarnya bagaimana tips memilih kapasitas RAM laptop yang sesuai kebutuhan agar tidak terbuang sia-sia.

Baiklah, jangan khawatir dulu. Karena setelah ini akan dibahas kapasitas RAM yang ideal yang sesuai dengan kebutuhan.

BACA JUGA:Laptop Lemot? Mungkin karena RAM Kecil, Berikut 5 Rekomendasi Laptop Acer RAM 8GB Terbaik di Tahun 2023

BACA JUGA:Kenapa Laptop Baru Lemot? Begini Penjelasannya dan Cara Mengatasi Laptop Lemot Jadi Ngebut

Berikut kapasitas RAM yang ideal berdasarkan kebutuhan pada tiap-tiap pengguna laptop di bawah ini:

1. Kebutuhan belajar dan bekerja

Pemakaian laptop untuk kebutuhan belajar dan bekerja secara umum menggunakan program Ms. Office. Program office yang umumnya dijalankan adalah word, excel, power point, dan lainnya.

Untuk kebutuhan di atas, kapasitas RAM yang ideal cukup 8GB. Terlebih sistem operasi Windows 10 dan 11 masih bisa menggunakan RAM 4GB. 

Namun, untuk kegiatan dengan menjalankan  program aplikasi office dan web browsing yang menggunakan RAM 8GB akan cepat penuh. Sehingga kapasitas RAM ini sudah ideal digunakan.

Apabila pengguna laptop memiliki produktivitas tinggi bahkan terbiasa melakukan tugas secara bersamaan maka kapasitas RAM yang ideal disarankan adalah 16GB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.sman9batam.sch.id/berita/detail/980958/berapa-kapasitas-ram-pclaptop-yang-dibutuhkan-di-tahun-2023/