Berapa Kapasitas RAM Laptop yang Ideal? Berikut Tips Memilih RAM Laptop yang Sesuai Kebutuhan

Berapa Kapasitas RAM Laptop yang Ideal? Berikut Tips Memilih RAM Laptop yang Sesuai Kebutuhan

Berapa Kapasitas RAM yang Ideal? Berikut Tips Memilih RAM Laptop yang Sesuai Kebutuhan-freepik.com-

Kapasitas RAM ini dapat menunjang untuk menjalankan program aplikasi lain seperti editing. 

2. Kebutuhan kreatif dan profesional

Penggunaan laptop untuk kebutuhan kreatif dan profesional biasanya dibutuhkan oleh Content Creator karena terbiasa menggunakan software editing.

Software-software editing yang umumnya digunakan adalah Photoshop, Illustrator Premier, After Effect, Coreldraw dan sebagainya. Beberapa software tersebut sangat memerlukan kapasitas RAM yang besar yaitu sekitar 32GB.

Hal ini dikarenakan aktivitas editing video dengan resolusi tinggi cukup memakan banyak file sehingga menguras kapasitas RAM. Tak hanya  video, ternyata editing grafis vektor juga memerlukan kapasitas RAM yang tinggi.

Selain itu, seorang streamer juga memerlukan kapasitas RAM yang besar sekitar 32GB. Karena jika melakukan streaming sambil bermain game tentulah menguras banyak RAM.

BACA JUGA:Bagaimana Cara agar Laptop Awet? Perhatikan Hal-Hal Berikut ketika Memilih Laptop Supaya Tahan Lama

BACA JUGA:Cari Laptop Spek Tinggi? Inilah Rekomendasi Laptop Asus Vivobook 14 A4102: Performa Sekelas i7, Worth to Buy!

Sehingga memakai kapasitas RAM dibawah 32GB, kemungkinan terjadi ngelag saat streaming berlangsung karena berebut dengan aplikasi game yang sedang dimainkan.

Bahkan bagi creator yang memproduksi video animasi grafis 3D memerlukan kapasitas RAM 64GB. Hal ini dikarenakan mencegah terjadinya ngelag dan eror pada laptop.

3. Kebutuhan gaming

Penggunaan laptop untuk kebutuhan gaming idealnya adalah 16GB. Meskipun beberapa game e-sport masih dapat dijalankan oleh RAM 8GB. Namun rata-rata game AAA tahun 2023 menyarankan untuk menggunakan RAM 16GB.

Bahkan sekarang ini beberapa game menawarkan pengalaman bermain di 4K Ultra High dan membutuhkan kapasitas RAM sebesar 32GB. Kapasitas RAM ini sangatlah direkomendasikan bagi gamer yang sudah profesional dan sangat antusias.

Namun tetap secara ideal dengan kapasitas RAM 16GB sudah dapat digunakan untuk gaming.

Beberapa hal di atas dapat dipahami bahwa kapasita RAM 4GB dirasa tidak memungkinkan untuk digunakan lagi. Mengingat sekarang ini pekerjaan yang semakin kompleks.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.sman9batam.sch.id/berita/detail/980958/berapa-kapasitas-ram-pclaptop-yang-dibutuhkan-di-tahun-2023/