Dijamin Mengembang! Resep Bolu Pisang Kepok Kukus Pakai 2 Telur, Takaran Sendok Disertai Tips Membuatnya

Dijamin Mengembang! Resep Bolu Pisang Kepok Kukus Pakai 2 Telur, Takaran Sendok Disertai Tips Membuatnya

Mengembang! Inilah Resep Bolu Pisang Kepok Kukus Pakai 2 Telur, Takaran Sendok Disertai Tips Membuatnya-freepik.com-

RADARPEKAONGAN.DISWAY.ID - Perhatikan resep bolu pisang kepok kukus pakai 2 telur, takaran sendok disertai tips membuatnya anti gagal. Simak ulasan menu camilan favorit yang ekonomis berikut ini.

Bolu pisang sejak dulu populer di kalangan masyarakat. Beberapa jenis pisang dapat dibuat menjadi berbagai olahan camilan, salah satunya bolu pisang kepok kukus. Camilan atau kudapan satu ini sangat cocok disajikan pada berbagai acara. 

Nah bagi yang belum tahu cara membuatnya, jangan khawatir. Karena kini tersedia banyak artikel yang membahas resep bolu pisang kepok kukus. Salah satunya dalam artikel ini.

Nah, bagi kamu yang ingin membuat bolu pisang kepok dengan bahan-bahan yang minimalis dan ekonomis. Kamu berada pada artikel yang tepat, karena artikel ini akan memberikan rekomendasi resep dan tips membuat bolu pisang kepok.

BACA JUGA:Praktis! Inilah 5 Cara Membuat Pisang Crispy Berbagai Topping, Jangan Lupa Catat Resepnya ya

BACA JUGA:Suka Makan Pisang Kepok? 4 Ragam Resep Olahan Pisang Kepok dan Manfaatnya untuk Kesehatan, Yuk Recook!

Berikut ini disajikan resep bolu pisang kepok kukus yang dapat kamu coba sendiri dirumah. Perhatikan bahan dan cara membuatnya di bawah ini:

  • Bahan-bahan:
  • 4 buah pisang kepok
  • 11 sdm tepung terigu
  • 8 sdm gula pasir
  • 10 sdm minyak goreng
  • 2 butir telur
  • ½ sdt baking soda
  • ¼ sdt garam
  • Vanili bubuk secukupnya
  • Cara membuat:
  1. Kupas pisang kepok yang telah disiapkan lalu potong-potong kecil.
  2. Masukkan potongan pisang kedalam wadah lalu lumatkan menggunakan garpu.
  3. Siapkan wadah, campurkan gula pasir dan telur lalu kocok dengan mixer hingga berubah menjadi warna putih dan mengembang.
  4. Jika adonan sudah mengembang, masukkan tepung terigu, garam, dan baking soda lalu kocok kembali menggunakan mixer sampai semua bahan tercampur rata. Setelah itu tambahkan vanili bubuk secukupnya, minyak goreng serta pisang yang telah dihaluskan.
  5. Kocok kembali adonan hingga semua bahan tercampur rata.
  6. Siapkan loyang dan olesi dengan minyak atau margarin.
  7. Setelah adonan tercampur rata, tuangkan adonan kedalam loyang yang telah disiapkan. Pastikan adonan dalam loyang merata.
  8. Siapkan dan panaskan kukusan
  9. Setelah kukusan siap, masukkan loyang yang berisi adonan ke dalam kukusan. Kukuslah adonan selama 30 menit atau hingga adonan matang sempurna.
  10. Cara mengecek tingkat kematangan bolu yaitu dengan menusukkan bolu menggunakan lidi atau tusuk sate. Jika tidak ada adonan yang menempel pada lidi atau tusuk sate,maka pertandan bolu pisang kepok kukus telah matang.
  11. Keluarkan bolu pisang kepok dari loyang, kemudian kamu dapat menambahkan toping seperti taburan keju,meses, coklat dan sebagainya agar rasanya lebih nikmat.
  12. Bolu pisang kepok kukus siap disajikan.

BACA JUGA:Apa Saja Olahan dari Pisang Tanduk? 5 Aneka Olahan dari Pisang Tanduk, Temukan Camilan Favoritmu Disini!

BACA JUGA:Bikin Nagih! Inilah 4 Resep Bolu Pisang Kepok Panggang Tanpa Mixer, Super Lembut Anti Gagal

Setelah mengetahui cara membuatnya, berikut ada beberapa tips dalam membuat bolu pisang kepok anti gagal dan mengembang sempurna. Perhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Pilihlah pisang kepok yang matang dari pohonnya, serta pilihlah pisang kepok yang berwarna kuning tua agar rasanya manis.
  2. Pada saat mengocok telur dan gula pasir, pastikan mengocok adonan berjejak.Untuk mengetahuinya, kamu dapat mengambil adonan kocokan telur dan gula pasir menggunakan jari tangan, jika adonan berjejak atau tidak jatuh ke bawah, itu artinya adonan telah mengembang sempurna.
  3. Agar semua bahan tercampur merata dan tidak bergerindil, sebaiknya mengayak tepung terigu terlebih dahulu menggunakan saringan. Atau lebih baik menyaring semua bahan kering untuk membuat bolu pisang agar tidak bergerindil.
  4. Sebelum memasukkan adonan bolu ke dalam kukusan, pastikan kukusan sudah dalam kondisi panas. Atau pastikan air kukusan sudah mendidik sebelum bolu dimasukkan.
  5. Agar mencegah bolu pisang kepok tidak kempes, selimuti tutup kukusan menggunakan kain atau serbet. Karena uap air dari kukusan yang jatuh ke adonan membuat adonan sulit mengembang.

Sebenarnya untuk membuat bolu pisang kepok kukus dapat dikatakan gampang-gampang sulit.  Namun untuk menghindari kegagalan ketika membuatnya, kemungkinan kamu harus mengetahui beberapa tips di atas.

Karena bolu yang bantat dan tidak mengembang sudah pasti merusak mood pembuatnya. Jadi bagi pemula yang belum pernah membuat bolu pisang sebelumnya, kamu dapat memperhatikan beberapa bahan, cara dan tips membuatnya agar bolu pisang kepok buatanmu berhasil.

Itulah resep bolu pisang kepok kukus pakai 2 telur, takaran sendok disertai tips membuatnya anti gagal. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Selamat mencoba. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://bekelsego.com/resep-membuat-bolu-pisang-kukus-cukup-pakai-2-telur/