4 Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya, Atasi Hipertensi, Batu Ginjal Hingga Diabetes

4 Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya, Atasi Hipertensi, Batu Ginjal Hingga Diabetes

Tak hanya buahnya,daun mangga juga banyak manfaatnya untuk kesehatan.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Manfaat daun mangga untuk kesehatan sudah diteliti dan banyak dibahas oleh para ahli. Beberapa Manfaat daun mangga untuk kesehatan diantaranya mengatasi hipertensi, batu ginjal, disentri dan mengatasi diabetes.

Daun mangga selama ini belum dimanfaatkan dengan baik. Hanya dianggap sampah daun yang dibuang di tempat sampah. 

Orang lebih banyak familiar dengan buah mangga. Selain rasanya yang segar dan manis, khasiat buah mangga sudah cukup diketahui oleh masyarakat. Ternyata tak hanya buahnya saja, daun mangga pun memiliki manfaat yang baik juga untuk kesehatan. 

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam daun mangga adalah berbagai macam vitamin seperti vitamin C, vitamin B, fenol dan berbagai macam nutrisi lainnya. Berdasarkan kandungan nutrisi tersebut maka daun mangga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Baca juga:Inilah 10 Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan, Dari Obat Kumur hingga Menurunkan Kolesterol

Berikut ini manfaat daun mangga untuk kesehatan dan cara mengolahnya dilansir dari laman Youtube Dokter Fery TV dengan judul KHASIAT DAUN MANGGA UNTUK KESEHATAN, dilihat pada Sabtu, 20 Januari 2024.

1. Mengatasi hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi dimana terjadinya peningkatan tekanan darah, baik tekanan darah sistolik maupun tekanan darah diastolik.

Ada dua jenis hipertensi secara garis besar. Yakni hipertensi primer dan sekunder. Penyebab dari hipertensi primer ini adalah karena gaya hidup yang kurang baik atau bisa juga akibat faktor genetik. 

Untuk hipertensi sekunder terjadi akibat kondisi medis yang lain atau boleh dikatakan potensi ini akibat adanya penyakit-penyakit lainnya.

Baca lagi:Inilah 8 Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja Sih Kandungan Vitaminnya?

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Hospital Mesir, daun mangga dapat membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Hal ini dilakukan dengan memperkuat pembuluh darah dan mengatasi gangguan pembuluh darah.

Cara mengolahnya, siapkan lima hingga enam lembar daun mangga yang segar lalu dibersihkan. Rebus dengan 200 ml air hingga mendidih. Tunggu sampai hangat, lalu disaring. Agar lebih nikmat boleh tambahkan madu secukupnya. Minum satu sampai dua kali sehari.

2. Mengatasi batu ginjal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: