Inilah 10 Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan, Dari Obat Kumur hingga Menurunkan Kolesterol

Inilah 10 Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan, Dari Obat Kumur hingga Menurunkan Kolesterol

Daun mangga kaya manfaat untuk kesehatan.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Daun mangga selama ini hanya dianggap sampah, namun ternyata banyak manfaatnya untuk kesehatan. Diantaranya bermanfaat sebagai obat kumur untuk menjaga kesehatan mulut, mengontrol gula darah hingga menurunkan kolesterol.

Dari pohon mangga (Mangifera indica), masyarakat selama ini hanya memetik buahnya saja untuk dikonsumsi. Semua orang sudah familiar dengan cita rasa buah mangga yang manis, dan khasiatnya untuk kesehatan karena kaya akan vitamin C, vitamin A, hingga folat.

Daun mangga masih dianggap sebagai sampah tak berguna. Belum dioptimalkan manfaatnya, baik untuk tujuan kesehatan maupun lainnya. Padahal, daun mangga pun kaya manfaat bagi kesehatan yang tak kalah dengan buahnya.  

Daun mangga kaya manfaat untuk kesehatan karena kandungan bioaktif di dalamnya. Yakni mangiferin, flavonoid, tanin, benzophenon, polifenol, dan terpenoid. Daun mangga juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, magnesium, kalium, zat besi, kalsium, asam amino, dan fosfor.

Baca juga:Inilah 8 Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja Sih Kandungan Vitaminnya?

Berikut ini manfaat daun mangga untuk kesehatan, cara mengolahnya beserta efek sampingnya:

1. Obat kumur

Daun mangga sebagai obat kumur efektif mengurangi jumlah bakteri dan plak yang terdapat di dalam mulut. Ini didasarkan oleh penelitian yang dimuat dalam Indian Journal of Dental Research.

Sebanyak 20 anak berusia 8 tahun hingga 14 tahun menjadi partisipan dalam penelitian ini. Setiap partisipan diberikan obat kumur daun mangga satu kali sehari setelah menyikat gigi.

Baca lagi:8 Manfaat Daun Sirsak dan Cara Merebusnya untuk Obat Alami, Menghilangkan Ketombe Hingga Mengobati Asam Urat

Hasil penelitiannya, jumlah mikroba di dalam mulut mengalami penurunan yang cukup signifikan. Selain itu, berkumur dengan daun mangga bisa mengontrol kemunculan plak gigi. Kesehatan gusi pun kian bagus. 

2. Obat herbal diabetes

Daun mangga memiliki potensi sebagai obat herbal diabetes. Aktivitas enzim alfa glukosida atau enzim yang berperan memecah karbohidrat menjadi glukosa dihambat oleh kandungan senyawa mangiferin di dalam daun mangga. Sehingga gula darah tidak cepat melonjak.

3. Memiliki sifat antiinflamasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: