Inilah 10 Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan, Dari Obat Kumur hingga Menurunkan Kolesterol

Inilah 10 Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan, Dari Obat Kumur hingga Menurunkan Kolesterol

Daun mangga kaya manfaat untuk kesehatan.-Hadi Waluyo-

Daun mangga memiliki sifat antiinflamasi, yakni mengurangi peradangan pada tubuh. Selain itu, daun mangga memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baca juga:Ampuh Turunkan Kadar Asam Urat, Inilah 6 Daun untuk Menurunkan Asam Urat, Salah Satunya Seledri

4. Mengurangi penumpukan lemak di perut

Hasil penelitian menunjukkan, tikus yang diberikan ekstrak teh daun mangga mengalami penurunan jumlah lemak di perut. Namun masih perlu penelitian lebih lanjut untuk melihat efeknya dalam mengurangi lemak perut pada manusia. 

5. Obat diare

Kandungan senyawa alkaloid, flavonoid, dan saponin yang terdapat di dalam daun mangga dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi penyakit diare.

Baca lagi:Stres dengan Tekanan Pekerjaan, Redakan dengan Ramuan Herbal Teh Daun Salam dengan Sereh

6. Melindungi hati

Daun mangga juga dapat membantu melindungi hati dari kerusakan, sebab daun ini memiliki efek hepatoprotektif. Efek ini berasal dari kandungan senyawa mangiferin yang memiliki sifat antiradang dan antioksidan.

7. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat daun mangga lainnya ialah meningkatkan fungsi otak. Hasil penelitian menunjukkan, fungsi otak pada partisipan yang mengonsumsi suplemen herbal daun mangga ini mengalami peningkatan. Ekstrak daun mangga mengandung mangiferin yang dapat meningkatkan fungsi otak, termasuk membantu untuk meningkatkan daya ingat dan fokus. 

Baca juga:Daun Pepaya Ternyata Bisa untuk Obat Demam Berdarah, Jadikan Kulit Awet Muda Hingga Penyubur Rambut Alami

8. Obat kanker

Daun mangga juga berpotensi untuk mengobati kanker payudara. Sebab, ekstrak daun mangga memiliki efek sitotoksik yang berperan dalam menghambat dan merusak sel kanker payudara dalam tubuh. 

9. Meningkatkan daya tahan tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: