Inilah 10 Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan, Dari Obat Kumur hingga Menurunkan Kolesterol

Inilah 10 Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan, Dari Obat Kumur hingga Menurunkan Kolesterol

Daun mangga kaya manfaat untuk kesehatan.-Hadi Waluyo-

Senyawa antioksidan dalam daun mangga, seperti mangiferin, flavonoid dan fenolik dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Pasalnya, antioksidan dapat melawan radikal bebas yang dapat menurunkan kinerja sistem imun tubuh.

10. Menurunkan kolesterol

Ekstrak daun mangga bisa menurunkan kolesterol dalam darah. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk melihat potensi daun mangga sebagai pengobatan untuk kolesterol tinggi. 

Baca lagi:7 Manfaat Daun Salam bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Bumbu Masak yang Ampuh Cegah Hipertensi

Meskipun daun mangga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun tetap harus berhati-hati saat mengonsumsinya. Bagi beberapa orang, daun mangga mungkin dapat menimbulkan reaksi alergi. 

Selain membeli suplemen daun mangga, kamu bisa merebus daun mangga sendiri di rumah untuk mendapatkan manfaat kesehatannya. Caranya, siapkan 10 lembar hingga 15 lembar daun mangga. Bersihakan dengan baik. 

Selanjutnya, rebus daun mangga dengan dua gelas air. Tunggu hingga air rebusannya mendidih. Setelah itu, saring daunnya dan tuangkan sisa air rebusan ke dalam gelas. Kamu bisa menambahkan madu agar rasanya lebih nikmat. 

Itulah sepuluh manfaat daun mangga beserta risiko efek samping dan cara mengolahnya. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: