4 Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya, Atasi Hipertensi, Batu Ginjal Hingga Diabetes

4 Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya, Atasi Hipertensi, Batu Ginjal Hingga Diabetes

Tak hanya buahnya,daun mangga juga banyak manfaatnya untuk kesehatan.-Hadi Waluyo-

Batu ginjal adalah suatu kondisi dimana terbentuknya materi keras seperti batu yang dapat berasal dari garam dan mineral di dalam ginjal. Beberapa zat kimia yang dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal adalah asam oksalat dan kalsium, jika dikonsumsi secara berlebihan.

Kandungan zat aktif yang terdapat dalam daun mangga dapat digunakan untuk membantu mengatasi batu ginjal.

Baca juga:Inilah Rebusan Daun Salam Campur Garam Bantu Cegah Penyakit Asam Urat yang Aman untuk Tubuh

Caranya, siapkan beberapa lembar daun mangga, lalu dibersihkan. Daun mangga ini dijemur atau dikeringkan. Setelah kering, daun mangga ditumbuk sampai halus atau bisa juga diblender. 

Setelah halus, masukkan kurang lebih dua sendok teh bubuk daun mangga yang tadi yang sudah dihaluskan. Lalu seduh dengan air hangat. Tunggu beberapa saat lalu minum satu sampai dua kali sehari. 

3. Mengatasi disentri

Disentri adalah suatu kondisi infeksi pada usus dengan gejala diare yang disertai keluarnya darah dan lendir. Khas dari disentri adalah adanya darah atau lendir.

Kandungan zat aktif di dalam daun mangga seperti tanin dan flavanoid mempunyai peranan sebagai anti bakteri sehingga dapat mengobati disentri.

Baca lagi:8 Manfaat Daun Sirsak dan Cara Merebusnya untuk Obat Alami, Menghilangkan Ketombe Hingga Mengobati Asam Urat

Caranya, siapkan beberapa lembar daun mangga, dicuci, lalu dijemur atau dikeringkan. Setelah kering ditumbuk sampai halus lalu masukkan dua sendok teh bubuk daun mangga tadi diseduh dengan menggunakan air hangat. Tunggu beberapa saat. Minum satu sampai dua kali sehari.

4. Mengatasi diabetes 

Diabetes adalah suatu kondisi dimana terjadinya peningkatan kadar gula atau kadar glukosa dalam darah. Kenapa kadar gula atau glukosa bisa meningkat di dalam darah?. Salah satu penyebab hal tersebut adalah glukosa yang terdapat dalam darah tidak diserap dengan baik atau tidak dipakai dengan baik oleh sel-sel tubuh.

Meningkatnya kadar gula dalam darah dapat menimbulkan berbagai gangguan atau bahkan dapat menyebabkan kerusakan fungsi organ-organ tubuh.

Beberapa zat aktif seperti fenol, flavonoid yang terdapat dalam daun mangga mempunyai peranan penting dalam membantu menurunkan kadar gula dalam darah. 

Baca juga:6 Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya, Obat Penyakit Ginjal, Asam Urat dan Kolesterol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: