Cara dan Tips Berhenti Merokok Serta Manfaatnya, Yuk Berdoa dan Ikuti Cara dan Tips Dari Kemenkes Berikut Ini

Cara dan Tips Berhenti Merokok Serta Manfaatnya, Yuk Berdoa dan Ikuti Cara dan Tips Dari Kemenkes Berikut Ini

Ilustrasi berhenti merokok.-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Bagi kamu yang berjuang untuk berhenti merokok, cobalah cara dan tips berhenti merokok yang disadur dari buku terbitan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI berikut ini. 

Seiring waktu, kesadaran masyarakat akan bahaya merokok kian tinggi. Banyak orang akhirnya memutuskan untuk berhenti merokok.

Pasalnya, merokok dapat merugikan kesehatan seseorang, baik perokok itu sendiri maupun perokok pasif seperti orang tua, anak-anak dan istrinya. 

Ingat! Merokok merupakan penyebab utama penyakit tidak menular yang beberapa diantaranya justru mematikan. Diantaranya stroke, jantung koroner, hipertensi, kanker, penyakit paru menahun, gangguan janin, gangguan pernapasan, impotensi, hingga gangguan pada kesuburan.

Merokok bukan hanya berdampak buruk bagi kesehatan, namun dari sisi agama Islam, sebagian ulama mengharamkan rokok. 

Baca juga:Ayo Berhenti Merokok dengan Metode START

Di dalam sebatang rokok, ada empat ribu jenis senyawa kimia, seperti nikotin yang menyebabkan kecanduan. Dari empat ribu jenis senyawa kimia itu terdapat 400 jenis zat beracun.

Diantaranya ada kandungan racun tikus, racun serangga, kapur barus, gas beracun, pembersih lantai dan zat pengawet mayat. Bahkan, 43 zat beracun itu bisa menyebabkan kanker, seperti tar.

Jika tidak dimulai dari sekarang, kapan lagi mencoba untuk memutuskan berhenti merokok. Apalagi harga rokok saat ini kian melejit. Uang untuk membeli rokok, bisa dialihkan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Direktorat Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Ditjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menerbitkan buku panduan berjudul “Ramadhan Saat yang Tepat untuk Mulai Berhenti Merokok”. Dalam buku ini, ada beberapa tips berhenti merokok yang bisa kamu ikuti untuk sukses tak merokok lagi.

Baca lagi:Cara Meracik Bunga Belimbing Wuluh untuk Meredakan Batuk, Warnanya Kemerahan dengan Rasa Manis agak Asam

Selain dengan kekuatan doa, coba lakukan dengan cara dan langkah serta tips berhenti merokok dari Kemenkes RI berikut ini:

1. Berhenti seketika

Dengan niat yang bulat, tekadkan hati untuk langsung berhenti merokok. Hari ini merokok, besok harus berhenti sama sekali. Meski kesannya agak susah langsung berhenti merokok total, namun ternyata bagi kebanyakan orang, cara seperti ini justru paling berhasil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: