Atasi Takut dan Gugup! Ikuti 7 Tips Berbicara di Depan Umum Agar Tidak Grogi

Atasi Takut dan Gugup! Ikuti 7 Tips Berbicara di Depan Umum Agar Tidak Grogi

Tips berbicara di depan umum agar tidak grogi--freepik.com

Berbicara di depan orang lain yang kamu percaya juga bisa menjadi pilihan lain dalam tips berbicara di depan umum agar tidak grogi yang satu ini.

Jangan cepat merasa cukup dengan latihanmu. Lakukan terus hingga kamu merasa performamu sudah cukup baik.

Pastikan Kamu Mengingat Tujuanmu

Mengingat tujuanmu dalam berbicara di depan umum dapat menjadi motivasi sehingga kegugupanmu bisa berkurang dan tampil lebih percaya diri. 

Tujuan berbicara di depan umum bisa menjadi penguat untuk dirimu sendiri bahwa kamu harus menyelesaikannya dengan baik dan bahwa kamu memiliki tujuan yang baik pula. Tujuanmu bisa berupa menyampaikan informasi, menginspirasi, atau sekadar berbagai cerita lucu untuk menghibur audiensmu.

BACA JUGA Hindari! 5 Sikap Buruk dalam Komunikasi Ini Bisa Buat Orang Malas Berbicara Denganmu

Jangan Terburu-Buru

Berbicaralah secara perlahan, jangan terlalu cepat. Mungkin, kamu takut jika waktumu habis atau ingin cepat-cepat menyelesaikan komunikasimu di depan banyak orang. Akan tetapi, berbicara dengan terlalu cepat akan membuat pendengar tidak memahami apa yang sebenarnya kamu katakan.

Oleh karenanya, kamu perlu berbicara secara perlahan. Tidak hanya agar audiens memahamimu, tetapi juga agr kamu bisa menjadi lebih fokus dan terhindar dari situasi blank terhadap materimu.

Atur Napas dan Buat Dirimu Rileks

Ketika ketakutanmu datang ketika sudah berada di depan banyak orang, maka jangan panik. Kamu masih bisa tetap tampil baik di depan mereka semua.

Yang perlu kamu lakukan sebagai tips berbicara di depan umum agar tidak grogi adalah dengan menarik napas dan membuatnya secara teratur agar tubuhmu lebih rileks dan tidak lagi gugup.

Percaya Bahwa Kesalahan Itu Wajar

Jangan menanamkan dalam pikiranmu bahwa kamu harus sempurna dalam komunikasimu. Kesalahan merupakan hal yang wajar dan kamu harus menoleransinya. Sebab, menuntut dirimu sendiri untuk tidak melakukan kesalahan sama sekali hanya akan membuatmu memiliki tekanan yang lebih tinggi.

Dengan demikian, kamu akan lebih mudah gugup bahkan panik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: