Tak Hanya untuk Diet, Inilah 13 Manfaat Brokoli untuk Kesehatan, Ketahui Juga Efek Sampingnya

Tak Hanya untuk Diet, Inilah 13 Manfaat Brokoli untuk Kesehatan, Ketahui Juga Efek Sampingnya

Sayuran brokoli kaya manfaat untuk kesehatan.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Manfaat brokoli untuk kesehatan tak hanya untuk program diet. Banyak Manfaat lainnya dari sayur ini seperti mencegah kanker, melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan mata, menurunkan kolesterol hingga menyehatkan tulang dan mencegah penuaan dini.

Brokoli merupakan salah satu sayuran dengan kandungan folat sehingga bagus dikonsumsi oleh ibu hamil. Folat dibutuhkan untuk mendukung perkembangan otak janin dan perkembangan kognitifnya.

Brokoli juga bagus dikonsumsi oleh manula. Pasalnya, sayuran ini bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi serta mendukung fungsi otak yang sehat sebab brokoli mengandung nutrisi berupa magnesium, fosfor, seng dan zat besi.

Dilansir dari halodoc, dalam 90 gram brokoli mengandung 35 kalori, 2,3 gram protein, karbohidrat (5,6 gram), serat (2,2 gram), vitamin C (91 persen dari kebutuhan harian, dan 0,3 gram lemak. Selanjutnya, vitamin K (77 persen dari kebutuhan harian) dan folat (15 persen dari kebutuhan harian).

Cara terbaik untuk memperoleh manfaat dari sayuran ini ialah dengan mengukusnya atau merebusnya. Meskipun brokoli bisa diolah untuk berbagai olahan makanan seperti ditumis.

Baca juga:Tips Sehat Makan Sayur Brokoli yang Harus Kamu Tahu agar Tak Hilang Nutrisinya

Nilai gizi brokoli rebus akan lebih baik dibandingkan jika ditumis. Kkadar klorofil, protein larut, gula larut, vitamin C, dan glukosinolat dalam brokoli dapat menurun dalam jumlah yang signifikan jika sayuran ini ditumis. 

Jika brokoli direbus, apalagi hanya dalam waktu yang singkat, nilai gizinya jauh lebih bisa dipertahankan. Air rebusan brokoli pun mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas. 

Dengan kandungan nutrisi didalamnya, brokoli banyak manfaatnya untuk kesehatan. Berikut ini manfaat brokoli untuk kesehatan:

1. Mencegah kanker

Mengonsumi brokoli dapat menurunkan risiko kanker, seperti kanker paru-paru, kolorektal, payudara, prostat, pankreas, dan perut. Pasalnya, senyawa sulforaphane pada brokoli melawan pembentukan kanker pada tingkat molekuler dengan mengurangi stres oksidatif.

Baca lagi:Dukung Program Diet Sehatmu, Inilah Manfaat Sayur Brokoli Jaga Berat Badan Tetap Ideal

2. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat makan brokoli berikutnya bisa menurunkan kadar kolesterol dan menyehatkan sirkulasi pembuluh darah. Sehingga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: