Resah Anak Main HP Terus? Ini Tips Parenting dr Aisah Dahlan untuk Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak

Resah Anak Main HP Terus? Ini Tips Parenting dr Aisah Dahlan untuk Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak

Ilustrasi tips parenting dari dr Aisah Dahlan mengatasi kecanduan gadget pada anak.-Pecinta dr Aisah Dahlan/ yt-

Bahwa di era modern dengan kecanggihan digitalnya, orang tua diharapkan bisa kreatif dalam mengimbangi dan membatasi waktu anak dengan gadgetnya.

BACA JUGA:Yakin Ucapan adalah Doa: Belajar Ilmu Parenting dari Kisah Imam Besar Masjidil Haram

BACA JUGA:Menghindari Kesalahan dalam Parenting: 7 Contoh Perilaku yang Perlu Dijauhi sebagai Orangtua

Saran dari dr Aisah Dahlah adalah siapkan aktifitas fisik berupa permainan, atau pembelajaran yang menyenangkan yang dapat mengalihkan fokus anak dari gadget.

Ada banyak sekali jenis permainan edukatif yang bisa dijadikan pengalihan anak dari gadgetnya. Orangtua juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mencari refrensi aktifitas seru untuk anak.

Karena sekarang banyak unggahan refrensi tentang permainan edukatif yang juga murah, dengan alat dan bahan terjangkau yang bisa dijadikan aktivitas seru untuk anak.

Beliau menyebutkan bahwa, "Kadang kita melarang anak bermain game di handphone tetapi kita tidak siapkan game non gadgetnya." 

BACA JUGA:3 Tips Cantik Awet Muda ala dr Aisah Dahlan, Rahasia Wajah Glowing di Usia 50 Tahun Ke Atas Tanpa Skincare

BACA JUGA:Ini Tips Awet Muda ala dr Aisah Dahlan, Rahasia Wajah Glowing Berseri Di Usia 50 Tahun Ke Atas

Maka dari itu, saat ada larangan atau anjuran dari orang tua atas perilaku anat tertentu, usahakan selalu disertai dengan solusi sebagai jalan tengahnya.

Selain itu, dr Aisah Dahlan juga menyarankan orang tua untuk tidak hanya memberi larangan, tapi juga mencontohkan.

Dalam kasus anak kecanduan gadget, jangan hanya melarang anak untuk tidak bermain gadget, tapi usahakan orang tua juga mengurangi penggunaan gadget apalagi saat di depan anak.

Tips mengatasi anak kecanduan gadget dari dr Aisah Dahlan ini bisa coba Anda terapkan saat memiliki keresahan anak yang mulai kecanduan gadget.

Luangkanlah waktu bersama anak, sehingga anak tidak mencari pelarian atau perhatian dari gadget atau hal lain yang dapat memberi dampak negatif pada anak.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: