Ada 5 Macam Bahasa Tubuh yang Bisa Mewakili Perasaan Saat Berkomunikasi, Gunakan dengan Optimal!

Ada 5 Macam Bahasa Tubuh yang Bisa Mewakili Perasaan Saat Berkomunikasi, Gunakan dengan Optimal!

Macam bahasa tubuh yang bisa mewakili perasaan--freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Disadari atau tidak, kamu tidak hanya mengandalkan kata-kata, tetapi juga menggunakan berbagai macam bahasa tubuh yang bisa mewakili perasaan dalam dirimu saat berkomunikasi dengan orang lain.

Terkadang, kamu kesulitan untuk mengekspresikan apa yang kamu rasakan, entah karena tidak enak hendak mengutarakannya, merasa tidak sopan, atau karena kamu menganggap perasaanmu memalukan.

Hingga baik secara sadar atau tidak, kamu menggunakan macam bahasa tubuh yang bisa mewakili perasaan tersebut.

Lantas, apa saja sebenarnya macam bahasa tubuh yang bisa mewakili perasaan dan bisa membantumu memberikan makna yang lebih kaya saat berkomunikasi?

Kamu bisa menyimak artikel ini sampai akhir untuk menemukan jawabannya.

BACA JUGA Hati-Hati! Ini 5 Ciri Komunikasi yang Tidak Efektif, Tanda Harus Banyak Belajar Biar Nggak Bikin Salah Paham

Tatapan Mata

Mata adalah jendela hati, begitulah ungkapan dalam sebuah pepatah lama. Hal tersebut tidaklah salah, sebab tatapan mata memang dapat memiliki banyak arti.

Melalui tatapan mata, orang bisa memaknai apakah lawan bicaranya memiliki ketertarikan untuk berkomunikasi lebih lanjut dengannya atau tidak.

Kamu juga bisa menggunakan macam bahasa tubuh yang bisa mewakili perasaan ini untuk mengungkapkan ketidaknyamananmu dengan topik yang dibicarakan, sehingga kamu keberatan untuk melanjutkannya.

Misalnya saja, orang yang antusias akan menatap lawan bicara, sedangkan memalingkan pandangan berarti bahwa seseorang tidak tertarik dengan apa yang dibicarakan.

Senyum Palsu atau Tidak Tulus

Tidak semua senyuman menandakan keramahan dan tidak semua senyuman ditampilkan dengan tulus.

Seorang ahli dalam komunikasi nonverbal bernama Paul Ekman mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan antara senyum sebenarnya atau senyum Duchenne dan senyum palsu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: