Ada 5 Macam Bahasa Tubuh yang Bisa Mewakili Perasaan Saat Berkomunikasi, Gunakan dengan Optimal!

Ada 5 Macam Bahasa Tubuh yang Bisa Mewakili Perasaan Saat Berkomunikasi, Gunakan dengan Optimal!

Macam bahasa tubuh yang bisa mewakili perasaan--freepik.com

Jika senyuman sebenarnya menunjukkan kebahagiaan keramahan, dan perasaan positif lainnya, maka berbeda dengan senyum palsu.

Senyum yang menjadi salah satu macam bahasa tubuh yang bisa mewakili perasaan ini akan menjadi palsu ketika mewakili perasaan tidak nyaman berada di dekat seseorang tetapi mencoba untuk terlihat senang dan terhibur.

Meski pada dasarnya, senyum yang tulus dan palsu memiliki ciri khas fisik yang sama, yakni mengangkat sudut bibir.

Akan tetapi, senyum asli atau senyum yang tulus disertai dengan gerakan mata menyempit dan sudut luar bibir yang berkerut layaknya bentuk kaki gagak.

Shortfall Signal

Macam bahasa tubuh yang bisa mewakili perasaan selanjutnya adalah shortfall signal atau kurangnya ekspresi yang ditunjukkan.

Salah satu contohnya adalah senyum palsu, di mana senyum tersebut tidak diberikan secara optimal karena orang yang menggunakannya hanya bertujuan untuk tampak terhibur, meski sebenarnya tidak.

Reaksi shortfall atau reaksi yang sangat kurang menunjukkan bahwa sebanrnya kamu tidak terlalu terlibat dalam percakapan atau tidak senang berada dalam percakapan tersebut. 

Misalnya, kamu berusaha untuk terlihat antusias dengan apa yang dibicarakan lawan bicaramu dengan bahasa verbal seperti “oh iya?” “wah” dan lainnya, tetapi kamu tidak menyertakan eye contact atau gerakan mencondongkan badan.

Ketidaksinkronan Gerak dan Kata

Selanjutnya, macam bahasa tubuh yang bisa mewakili perasaan yang harus kamu ketahui adalah bahasa tubuh yang tidak sesuai dengan kata-kata yang kamu ucapkan atau bisa disebut dengan nonverbal leakage.

Ini akan terlihat ketika kamu sedang berbohong, di mana kamu mencoba untuk terus menatap mata orang lain untuk menunjukkan kepercayaan diri. Akan tetapi, rasa tidak nyaman akibat berbohong itu akan membuatmu sulit mengendalikan tubuh.

Misalnya, kamu akan mengubah postur tubuh, menunjukkan perilaku menenangkan diri, nada suara yang bergetar, atau wajah memerah.

BACA JUGA Tips Sopan Ketika Berkomunikasi Kepada Siapa Saja, Lakukan 5 Hal Ini Agar Lawan Bicaramu Nyaman!

Isyarat Wajah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: