5 Tips Komunikasi untuk Menghadapi Sikap Manipulatif, Ampuh Agar Orang Tidak Semena-mena Kepadamu

5 Tips Komunikasi untuk Menghadapi Sikap Manipulatif, Ampuh Agar Orang Tidak Semena-mena Kepadamu

Tips komunikasi untuk menghadapi sikap manipulatif--freepik.com

Ketika sang manipulator sudah berulah dengan 1001 triknya, maka cobalah untuk mengabaikannya. Agar dia tidak berhasil memanipulasimu, kamu bisa mencoba untuk bersikap datar dan tidak meladeni ketika pasangan mulai berulah. 

Tidak menggubris akan membuat pelaku berhenti melakukan tindakan manipulatif tersebut. 

Mengurangi Interaksi

Perilaku manipulatif akan lebih mungkin terjadi jika intensitas interaksimu dengan sang pelaku semakin besar pula. Oleh karenanya, berusahalah untuk mengurangi interaksi di antara kalian, terutama komunikasi yang bersifat langsung atau tanpa media perantara.

Sebaiknya, pilih media komunikasi lain sementara waktu, seperti pesan singkat atau telepon. Jika memang diharuskan untuk berbicara atau berinteraksi secara langsung, sebaiknya batasi dan katakan hal yang perlu kamu bicarakan. 

Jangan Terpengaruh

Tujuan utama dari sang manipulator adalah untuk memengaruhimu dan membuatmu berbuat sebagaimana yang dia mau. Maka, tips komunikasi untuk menghadapi sikap manipulatif adalah untuk berusaha sebisa mungkin tidak terpengaruh oleh tingkah sang manipulator.

Jangan biarkan dia mengendalikan perasaanmu seperti membuatmu merasa bersalah, membuatmu merasa tidak enak untuk menolak, membuatmu mempertanyakan perasaanmu sendiri, dan lain sebagainya.

Jika kamu membiarkan apa yang dia katakan mempengaruhimu, maka besar kemungkinan dia akan menang atas dirimu.

BACA JUGA Hindari! 6 Bahasa Tubuh Negatif Ini Bisa Buat Kalimatmu Tidak Dipercaya Oleh Orang Lain

Berikan Konsekuensi

Hal terakhir dari tips komunikasi untuk menghadapi sikap manipulatif yang bisa kamu terapkan adalah dengan memberikan konsekuensi yang tegas atas tindakannya yang merugikanmu.

Saat kamu sudah melakukan berbagai hal untuk mencegahnya melakukan manipulasi kepadamu, tetapi sang manipulator tidak mau berhenti atau menyerah, maka tetapkan konsekuensi untuknya.

Pastikan bahwa konsekuensi tersebut bukanlah ancaman semata agar dia tidak meremehkannya. Jika sang manipulator benar-benar tidak mau mundur, maka pastikan kamu merealisasikan konsekuensi tersebut.

Menjalin hubungan dengan orang yang memiliki sifat manipulatif memang sangat tidak menyenangkan. Oleh karenanya, untuk menghadapi mereka kamu bisa mempraktikkan beberapa tips komunikasi untuk menghadapi sikap manipulatif di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: