5 Tips Komunikasi untuk Menghadapi Sikap Manipulatif, Ampuh Agar Orang Tidak Semena-mena Kepadamu

5 Tips Komunikasi untuk Menghadapi Sikap Manipulatif, Ampuh Agar Orang Tidak Semena-mena Kepadamu

Tips komunikasi untuk menghadapi sikap manipulatif--freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Kamu tidak boleh menolerir perilaku manipulatif yang ditujukan kepadamu, sebaliknya kamu perlu menerapkan tips komunikasi untuk menghadapi sikap manipulatif.

Perilaku manipulatif yang dilakukan oleh seseorang bukanlah hal yang remeh dan bisa kamu toleransi. Sebaliknya, ini bisa sangat berbahaya untukmu, di mana perilaku manipulatif bisa memengaruhi stabilitas mental dan emosionalmu.

Oleh karenanya, perlu bagimu untuk mengetahui dan mempraktikkan tips komunikasi untuk menghadapi sikap manipulatif.

Biasanya, orang yang berniat memanipulasimu memiliki tujuan untuk bisa mengendalikan, menguasai, dan merampas semua hakmu yang bisa mengancamnya atau yang bisa membuatnya terhambat dalam tujuan tertentu.

Tindakan manipulatif bisa kamu temui di mana saja dan bahkan bisa eksis di semua jenis hubungan. Mulai dari hubungan sosial biasa, pertemanan, pekerjaan, bahkan hingga hubungann romantis yang menurut manipulator didasari oleh cinta.

Dengan membiarkan perilaku manipulatif terus terjadi kepadamu, banyak kerugian yang bisa kamu dapatkan, baik mental, fisik, hingga materil.

Itu sebabnya artikel ini akan menyajikanmu beberapa tips komunikasi untuk menghadapi sikap manipulatif yang bisa kamu praktikkan agar orang-orang tidak lagi memperlakukanmu dengan semena-mena melalui tindakan manipulatif mereka.

Yuk, simak sampai akhir!

BACA JUGA Hubungan Bisa Terancam! Ini 5 Alasan Pentingnya Komunikasi dalam Hubungan LDR, Agar Terhindar dari Konflik

Memberikan Batasan yang Jelas

Bisa jadi, orang berlaku semena-mena kepadamu bahkan memanipulasimu karena dia tidak melihat batasan jelas yang kamu ciptakan untuk tidak dilewati oleh orang lain.

Maka, langkah pertama dari tips komunikasi untuk menghadapi sikap manipulatif yang harus kamu lakukan adalah memberi batasan yang jelas. Jangan biarkan siapa pun melanggarnya. Pastikan kamu selalu memegang kendali atas batasanmu sendiri.

Ketika sekali saja kamu lengah dengan membiarkan orang lain mengobrak-abrik batasanmu, maka seorang manipulator akan memanfaatkannya untuk melancarkan aksi manipulatifnya itu.

Mengacuhkannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: