Menarik! Gus Baha Ceritakan Repotnya Ia Mengimami Bangsa Jin, Penasaran Bagaimana Ceritanya?

Menarik! Gus Baha Ceritakan Repotnya Ia Mengimami  Bangsa Jin, Penasaran Bagaimana Ceritanya?

Menarik! Gus Baha Ceritakan Repotnya Ia Mengimami Bangsa Jin, Penasaran Bagaimana Ceritanya?-Tangkap layar -Kajian Islami Nu

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Salah satu diantara 99 nama Allah (al-Asma’ al-Husna) merupakan Al-Khaliq, maksudnya dialah yang menciptakan. Ciptaan Allah meliputi segala sesuatu baik itu berbentuk hal-hal yang nampak oleh mata seperti manusia, hewan, tanaman serta alam seisinya ini, ataupun keberadaan yang tidak bisa dilihat oleh mata seperti malaikat, surga, neraka, dan lain-lain. Termasuk dari makhluk Allah yang tidak nampak oleh mata yaitu jin.

Jin merupakan makhluk ciptaan Allah subhanahu wata'ala yang berbeda dari manusia dari asal ciptaannya. Jin diciptakan oleh Allah dari api sebaliknya manusia diciptakan dari tanah.

BACA JUGA:Kamu Suka Ngopi? Gus Baha Bocorkan Waktu Ngopinya Para Ulama: Ternyata Jam Segini Bikinnya

BACA JUGA:Gus Baha Berikan Penjelasan Hukum Wudu atau mandi Junub di Toilet Hotel, Sah atau Tidak?

"Dan ia sudah menciptakan jin dari nyala api” (QS. Ar-Rahman ayat: 15).

"Dan sesungguh kami sudah menciptakan manusia dari suatu saripati dari tanah” (QS Al-Mu’minun: 12).

Sebagai salah satu makhluk Allah subhanahu wata'ala yang tidak nampak, jin mempunyai berbagai keahlian yang tidak dipunyai oleh manusia, antara lain keahlian untuk mengganti bentuknya jadi berbagai macam bentuk manusia serta hewan seperti ular, keledai, unta, sapi serta lain-lain. Hal itu seperti sebuah cerita yang dirasakan oleh Sayyidah Aisyah kalau dia melihat seekor ular dalam rumahnya.Kemudian dia memerintahkan untuk membunuh ular tersebut. Akhirnya ular itu juga terbunuh, serta tidak lama setelah itu dia diberi tahu bahwa:

"Ular tersebut merupakan termasuk dari kalangan yang pernah mendengar wahyu dari nabi (golongan jin)."

BACA JUGA:Bolehkah Sholat Tahajud Karena Berharap Hajatnya Terkabul? Begini Anjuran Gus Baha

BACA JUGA:Lakukan Amalan Ini Sebelum Bekerja, Ijazah dari Gus Baha Bisa Bikin Rezeki Mengalir Deras

Setelah mengerti akan perihal itu dia mengutus seorang untuk berangkat ke Yaman guna membeli 40 budak untuk di merdekakan.

Tidak hanya keahlian menyamai makhluk lainnya, jin juga sanggup memindahkan suatu dalam waktu yang singkat. Hal itu seperti yang dikisahkan dalam Al-Qur'an pada masa Nabi Sulaiman kalau Ifrit yang termasuk salah satu jin mampu untuk memindahkan singgasana Ratu Bilqis saat sebelum Nabi Sulaiman berdiri dari tempat duduknya.

Walaupun jin itu berbeda dalam perihal asal penciptaannya, namun ia juga makhluk Allah subhanahu wata'ala yang tujuan dari penciptaannya sama dengan tujuan penciptaan manusia, yaitu tidak lain agar beribadah kepada Allah. Hal itu sesuai dengan firman Allah subhanahu wata'ala dalam surat Adz-Dzariyat, 56:

" Dan tidak Aku ciptakan jin dan manusia kecuali hanya untuk menyembah-Ku”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: