Sudahkah Menjadi Contoh yang Baik untuk Anak? Begini Tips Parenting dr Aisah Dahlan untuk Para Orang Tua

Sudahkah Menjadi Contoh yang Baik untuk Anak? Begini Tips Parenting dr Aisah Dahlan untuk Para Orang Tua

Ilustrasi menjadi contoh yang baik untuk anak ala dr Aisah Dahlan.-SUAS Videos/Yt-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Orang tua adalah sosok yang paling dekat dan paling sering menghabiskan waktu denga anak. Maka hendaknya orang tua bisa menjadi contoh yang baik untuk anak.

Karena sebagian waktu anak banyak dihabiskan dengan orang tua, apalagi di usia 0 dan selama masa kanak-kanaknya, maka dari karakter dan perilaku orang tualah anak akan banyak merekam, mengingat, kemudian meniru apa yang sering mereka lihat.

Ungkapan anak adalah peniru ulung memang benar adanya. Karena setiap saat, mata anak selalu mengamati, telinganya selalu menyimak, dan pikirannya merekam dan mencerna apa pun yang orang tua lakukan di hadapan anak.

Berkaitan dengan anak adalah sang peniru ulung ini, dr Aisah Dahlan juga memberikan penjelasannya yang mengajak para orang tua agar dapat menjadi contoh yang baik untuk anak.

BACA JUGA:Pentingnya Membentuk Watak Anak, Begini Penjelasan dr Aisah Dahlan tentang Watak Anak dalam Pandangan Islam

BACA JUGA:Tips Parenting dr Aisah Dahlan dalam Mengenal Watak Anak, Apakah Termasuk Introvert, Extrovert, atau Ambivert?

Tips Parenting dr Aisah Dahlan: Menjadi Contoh yang Baik untuk Anak

Aktivitas mendidik dan mendampingi anak yang dilakukan orang tua kepada anak adalaah untuk mengisi otak dan hati sang anak. Tentu para orang tua ingin anaknya terisi dengan hal-hal baik dan berkualitas.

Untuk melakukan ini, dr Aisah menyebutkan bahwa perlu adanya metodologi dalam menyampaikan nasihat dan ilmu pengetahuan kepada anak. Jadi mendidik anak tidak asal atau hasil coba-coba. 

"Dan metodologi paling baik dalam mendidik anak adalah metodologi contoh" tutur dr Aisah Dahlan.

Kemudian dr Aisah Dahlan juga mengajak para orang tua untuk memberikan contoh-contoh kepada anak dari 3 hal berikut ini:

1. Contoh dari keteladanan Rasulullah Saw. 

2. Contoh dari para sahabat Rasulullah.

3. Contoh dari peristiwa yang bisa langsung didengar dan dilihat oleh anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: