6 Jenis Pantangan Makanan untuk Asam Urat yang Harus Dibatasi untuk Menghilangkan Rasa Sakitnya

6 Jenis Pantangan Makanan untuk Asam Urat yang Harus Dibatasi untuk Menghilangkan Rasa Sakitnya

Pantangan Makanan untuk Asam Urat --Youtube.com/Areykage

Jika kamu menderita asam urat, mulai sekarang disarankan untuk membatasi konsumsi makanan laut, karena produk ini kaya akan purin.

Beberapa jenis makanan laut yang tabu bagi penderita asam urat tinggi adalah kerang, ikan asin, teri, sarden, tuna, dendeng, tiram, udang, lobster atau kepiting.

3. Sayuran

Ada beberapa sayuran dengan kandungan purin yang tinggi, yaitu bayam, kembang kol, asparagus, kacang polong dan jamur.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa konsumsi purin yang berasal dari tumbuhan tidak menimbulkan masalah pada orang dengan kandungan asam urat yang tinggi.

Artinya, risiko terkena asam urat atau kemungkinan kambuh cukup rendah. Meskipun demikian, tetap disarankan agar kamu membatasi jumlah jenis sayuran tertentu yang kamu konsumsi.

BACA JUGA:Inilah Makanan Tinggi Purin yang Memicu Asam Urat Paling Cepat, Wajib Hindari untuk Penderita Asam Urat

BACA JUGA:Inilah Rekomendasi Obat untuk Mengatasi Asam Urat di Kaki dengan Cepat, Apa Saja? Cek Disini!

4. Minuman beralkohol

Beberapa jenis minuman beralkohol mengandung purin dalam jumlah besar dan dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Minuman beralkohol yang paling memicu munculnya serangan asam urat adalah bir.

Diketahui bahwa bir memiliki kandungan purin yang tinggi. Namun, akan lebih baik jika mengonsumsi minuman beralkohol lainnya, seperti vodka atau wiski, juga dibatasi atau dihindari.

Minuman beralkohol lain yang juga mengandung purin adalah anggur. Namun, kandungan purin di dalamnya tidak terlalu tinggi.

5. Gula

Meski kadar purin dalam gula rendah, tetap disarankan agar kamu tidak berlebihan mengonsumsi makanan yang mengandung gula.

Asupan gula yang berlebihan dapat menyebabkan diabetes dan obesitas, serta memperburuk gejala rematik atau asam urat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: