Terkendala Akses, PPS Desa Pranten Putar 30 Kilometer Lewati Banjarnegara Distribusikan Logistik Pemilu

Terkendala Akses, PPS Desa Pranten Putar 30 Kilometer Lewati Banjarnegara Distribusikan Logistik Pemilu

Terkendala Akses, PPS Desa Pranten Putar 30 Kilometer Lewati Banjarnegara Distribusikan Logistik Pemilu-IST-

BATANG, RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Terkendala Akses, PPS Desa Pranten Putar 30 Kilometer Lewati Banjarnegara Distribusikan Logistik Pemilu. Selain memiliki letak geografis yang cukup sulit, akses untuk menuju lokasi terbilang cukup ekstrem. 

Sebelumnya KPU Batang menyebut ada beberapa wilayah di Batang yang mendapatkan peratia khusus terkait distribusi logistik. Yakni Desa Pranten Kecamatan Bawang dan Desa Gerlang Kecamatan Blado.

"Sebenarnya kalau tidak muter jaraknya dekat, kalau dari Sekretariat Rejosari ke Desa Prantennya itu sekitar 3 kilometer, tapi karena harus muter jadi hampir 30 kilometer dengan waktu sekitar 1,5 jam," tutur Ketua PPS Desa Pranten, Kuwadi saat diwawancarai, Selasa 13 Januri 2024. 

Dikatakannya, kendala yang harus diwaspadai adalah faktor cuaca yang tidak menentu yang mana dengan kondisi medan ekstrim jalanan berkelok-kelok dan licin bisa menyebabkan kendaraan terselip.

"Jadi memang kondisi medan juga jarak dari Dukuh ke Dukuh atau TPS ke TPS memang ekstra, aksesnya cukup sulit apalagi cuaca tidak menentu, sehingga harus berhati-hati, untuk pendistribusian ini juga dibantu pendampingan dari TNI Polri juga BPD," imbuhnya.

Desa Pranten sendiri memiliki 7 TPS, dimana TPS 1 dan 2 ada di Dukuh Pranten, TPS 3 dan 4 ada di Dukuh Rejosari, TPS 5 dan 6 ada di Dukuh Sigemplong dan TPS 7 ada di Dukuh Bintoromulyo.

Logistik yang dikirim dengan menggunakan armada truk itu membawa 35 Kotak Suara dan 28 Bilik Suara.

Ketua PPK Bawang, Ali Mudahin menambahkan pendistribusian logistik ke Desa Pranten memang telah menjadi perhatian, untuk itu pihaknya meminta pengawalan khusus.

"Sebelumnya kami sudah berkoordinasi dengan Forkopimda kita meminta pengawalan khusus untuk tujuan ke Pranten, karena akses yang cukup ektrim, cuaca yang tidak menentu, juga memilih untuk memutar lewat Banjarnegara dengan jarak puluhan kilometer hal itu agar semua logistik bisa sampai ke TPS dengan aman dan lancar," tandasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar pekalongan