Ide Food Preparation Indonesia! Yuk Cobain 3 Resep Bumbu Dasar Ini Dijamin Masak Jadi Lebih Praktis dan Awet

Ide Food Preparation Indonesia! Yuk Cobain 3 Resep Bumbu Dasar Ini Dijamin Masak Jadi Lebih Praktis dan Awet

Ide Food Preparation Indonesia! Yuk Cobain 3 Resep Bumbu Dasar Ini Dijamin Masak Jadi Lebih Praktis dan Awet-Youtube.com/Christo & Sisca-

2. Bumbu Dasar Merah

Bumbu merah terdiri dari cabai merah, bawang putih, dan bawang merah. Masukan juga tomat sebagai pilihan, ya. Kamu juga bisa kok menambahkan gula dan garam pada racikan bumbu ini supaya nanti proses memasak menjadi terlihat lebih praktis.

Bumbu merah dapat bertahan di dalam kulkas kurang lebih selama 2 minggu saja. Ada banyak menu makanan yang dapat diolah dengan bumbu merah seperti rendang, telur balado, hingga oseng mercon. 

BACA JUGA:Mulai Hari Dengan Sarapan yang Gurih dan Lezat! Resep Bubur Manado Ikan Asin Sambal Terasi, Dijamin Kamu Suka

Bumbu dasar merah ini memberikan cita rasa pedas dan gurih pada masakan. Tinggal ditambahkan beberapa bahan tambahan. Misalnya seperti sambal goreng kentang, maka tinggal menambahkan daun salam, serai, atau daun jeruk agar rasanya segar.

3. Bumbu Dasar Kuning

Bumbu ini terbuat dari beberapa rempah seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, jahe, lengkuas, dan daun jeruk sebagai pilihan supaya rasanya lebih segar. Lalu, lumatkan rempah tersebut dengan menggunakan sedikit minyak. 

Masakan Indonesia tak lepas dari bumbu berwarna kuning. Warna kuning yang didominasi dari kunyit ini dapat ditemukan dalam berbagai jenis masakan seperti nasi kuning, ayam goreng lengkuas, soto lamongan, dan gulai daun singkong. 

Selain ketiga bumbu di atas, kamu dapat menyiapkan bumbu oranye. Bumbu ini adalah gabungan dari bumbu kuning dan bumbu merah. Di dalamnya ada cabai dan kunyit sekaligus. Bumbu oranye dapat digunakan untuk membuat masakan seperti gulai dan rendang.

BACA JUGA:Resep Ayam Bakar Kecap Teflon Ala Chef Devina Hermawan, Bumbunya Meresap, Bikinnya Simpel, Enaknya Kebangetan!

Apabila ingin menyetok 3 bumbu ini lebih lama, kamu dapat menyimpannya di freezer. Tuangkan bumbu dalam kemasan dengan ukuran sekali masak atau sesuai porsi menu yang akan dibuat. Dengan begitu, kamu tidak memerlukan waktu yang lama untuk menunggunya mencair. 

Apabila kita menyimpannya dengan baik, bumbu dasar dapat tahan di freezer selama kurang lebih tiga bulan. 

Nah, itulah  3 resep bumbu dasar ini dijamin masak jadi lebih praktis dan awet. Selamat mencoba dan semoga berhasil!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.masakapahariini.com/tips-masak/bumbu-dasar-bikin-masak-lebih-praktis/