Memahami Perubahan Hormon Pada Anak Remaja, Begini Penjelasan dr Aisah Dahlan yang Perlu Orang Tua Tahu!

Memahami Perubahan Hormon Pada Anak Remaja, Begini Penjelasan dr Aisah Dahlan yang Perlu Orang Tua Tahu!

Penjelasan dr Aisah Dahlan tetang pengaruh perubahan hormon pada anak remaja.-draisahdahlan/ ig-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Usia remaja merupakan masa krusial dimana anak berada pada masa peralihan dari anak-anak menjadi orang dewasa. Akan ada beberapa perubahan perilaku akibat adanya pengaruh perubahan hormon pada anak remaja.

Sebelumnya yang perlu dipahami oleh orang tua, anak pada usia remaja mengalami proses pelonjakan atau perubahan hormon yang cukup tinggi dan signifikan. Perubahan hormon ini akan memengaruhi banyak hal pada individu anak baik secara fisik, maupun mental.

Pada anak laki-laki jenis hormon testosteronnya melonjak tinggi. Sedangkan pada anak perempuan hormon estrogen dan progesteronnya yang melonjak tinggi.

Seberapa tinggi pelonjakan hormon yang terjadi? Dalam hal ini dr Aisah Dahlan memberikan analoginya yaitu,

"Misalnya dulu waktu SD anak perempuan keluar hormonnya cuma satu cangkir, ketika dia sudah mens pertama dan seterusnya, keluar hormon perempuannya sebanyak satu galon."

BACA JUGA:Anak Perempuan Sudah Mulai Remaja? Ini Tips dr Aisah Dahlan dalam Menghadapi Anak di Usia Remaja

BACA JUGA:Merasa Sulit Berdialog dengan Anak? Coba Tips Parenting dr Aisah Berikut Ini Bikin Anak Lebih Mudah Diarahkan

"Makanya terjadi perubahan dahsyat. Dia sendiri pun kaget dengan perubahan badannya, begitupun dengan anak laki-laki remaja." tutur dr Aisah Dahlan menjelaskan.

Kemudian beliau melanjutkan kondisi serupa yang dialami anak laki-laki remaja, "Saat masih anak laki-laki masih kecil, sebelum mimpi basah hormon testosteronnya hanya keluar satu cangkir."

"Nah ketika dia kelas 5 atau 6 SD, spermanya sudah mulai terproduksi dan masuk ke testis. Mulailah hormon testosteronnya keluar sebanyak satu galon."

Penjelasan dr Aisah di atas tadi sekaligus menerangkan bahwa indikator yang paling jelas saat anak mulai remaja adalah, masuknya siklus menstruasi pertama pada anak perempuan, dan mulai mimpi basah pada anak laki-laki.

Jadi memang ada faktor dominan yaitu hormon dalam tubuh anak yang akan memengaruhi banyak perubahan kondisi anak. Sebagai orang tua yang sudah lebih berpengalaman dan pernah melewati masa remaja, diharapkan bisa lebih memahami dan mengerti cara pendekatan dan komunikasi yang tepat.

Apalagi di saat-saat tertentu, seperti ketikan anak perempuan sedang dalam masa menstruasi tingkat mood remaja perempuan bisa sangat drastis berubah-ubah. Pengertian dan pendampingan seorang ibu akan sangat dibutuhkan untuk membantu anak memahami perubahan yang sedang terjadi padanya.

BACA JUGA:Ternyata Begini Cara Belajar Anak Laki-Laki! Tips Parenting dr Aisah Dahlan dalam Mendidik Anak Laki-Laki

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: