Memahami Perubahan Hormon Pada Anak Remaja, Begini Penjelasan dr Aisah Dahlan yang Perlu Orang Tua Tahu!

Memahami Perubahan Hormon Pada Anak Remaja, Begini Penjelasan dr Aisah Dahlan yang Perlu Orang Tua Tahu!

Penjelasan dr Aisah Dahlan tetang pengaruh perubahan hormon pada anak remaja.-draisahdahlan/ ig-

Dalam menjelaskan hormon testosteron pada anak laki-laki, dr Aisah Dahlan menggunakan kata"Agresif" untuk mendefinisikannya. Jadi memang pada remaja laki-laki tingkat agresif pada suatu hal wajar jika meningkat.

Misal, saat ditekan oleh orang tua akan lebih udah memicu amarahnya. Selain itu meningkatnya hormon tetosteron di usia remaja akan sangat memengaruhi perubahan fisik pria .

Karena hormon testosteron adalah hormon yang memengaruhi libido, pembentukan massa otot, dan kekuatan fisik. Hormon ini juga yang memengaruhi adanya perubahan karakteristik seks sekunder anak laki-laki saat memasuki usia remaja, contohnya, suara akan berubah menjadi lebih berat.

Dan akibat adanya perubahan-perubahan ini, saat melakukan sesuatu, remaja bisa melakukannya dengan tidak sadar. Karena mereka pun kadang heran dan bingung sendiri dengan perubahan yang sedang dialami.

Maka peran orang tualah yang akan sangat membantu saat anak-anak beralih memasuki usia remaja. Dengan perhatian dan kesabaran senantiasa mendmapingi anak memberitahu anak agar mereka mengerti bahwa sedang berada di masa remaja, dan dengan memberi penjelasan tentang segala perubahan yang sedang dan akan mereka alami.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: