Hukum Menyemir Rambut dengan Warna Hitam Menurut Ustaz Abdul Somad

Hukum Menyemir Rambut dengan Warna Hitam Menurut Ustaz Abdul Somad

Hukum mewarnai rambut dengan warna hitam-Instagram @ustadzabdulsomad_official-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Bagaimana hukum menyemir rambut dengan warna hitam menurut Ustaz Abdul Somad? simak penjelasannya dalam artikel ini.

Mewarnai atau menyemir rambut sampai sekarang masih populer di kalangan anak muda.

Motifnya beragam, ada yang hanya mengikuti tren, ada pula yang memang agar dipandang menarik.

Namun ternyata tak hanya anak muda saja, ada sebagian orang tua yang ikut mewarnai rambutnya untuk menutupi uban yang dimiliki.

Dalam agama Islam sendiri terjadi perbedaan pendapat di kalangan ulama tentang hukum mewarnai rambut, khususnya pada warna hitam.

Ada yang mengharamkan, dan ada pula yang hanya memakruhkannya saja. Tentu keduanya memiliki dasar hukum dan argumen yang sama-sama kuat.

BACA JUGA:Batal atau Tidak? Ternyata Begini Hukum Mengelap Air Wudhu dengan Handuk Menurut Ustaz Abdul Somad

Dalam salah satu video Youtube yang diunggah oleh @Mat_Asrar, terdapat penjelasan hukum menyemir rambut dengan warna hitam menurut Ustaz Abdul Somad.

Pakar ilmu fikih ini mengawali pembahasannya dengan mengutip salah satu hadist berikut ini:

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ أُتِيَ بِأَبِي قُحَافَةَ يَوْمَ فَتْحِ مَكَّةَ وَرَأْسُهُ وَلِحْيَتُهُ كَالثَّغَامَةِ بَيَاضًا فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ غَيِّرُوا هَذَا بِشَيْءٍ وَاجْتَنِبُوا السَّوَادَ

Artinya: Diriwayatkan Jabir bin Abdillah, ia berkata: Pada hari penaklukan Makkah, Abu Quhafah datang dalam keadaan kepala dan jenggotnya telah memutih (beruban). Lalu Rasulullah saw bersabda: Ubahlah uban ini dengan sesuatu, tetapi hindarilah warna hitam.

Ustaz Abdul Somad menjelaskan bahwa saat itu Abu Quhafah mencelupkan rambut dan jenggotnya dengan daun pacar atau inai yang sudah digiling, sehingga warna rambut Abu Quhafah menjadi merah muda seperti warna daun tersebut.

Dalam hadist tersebut Nabi Muhammad SAW melarang mengecat rambut dengan warna hitam, Ustaz Abdul Somad mengatakan bahwa larangan itu berlaku jika ada unsur penipuan.

BACA JUGA:Apakah Dosa Termasuk Kehendak Allah SWT? Begini Penjelasan Ustaz Abdul Somad

BACA JUGA:Semua Masalah Dimudahkan! Inilah Keutamaan Membaca Surat Yasin Menurut Ustaz Abdul Somad

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: