Jalani Tes Kesehatan, Ratusan Pelajar Batang Ikuti Seleksi Paskibraka Batang 2024

Jalani Tes Kesehatan, Ratusan Pelajar Batang Ikuti Seleksi Paskibraka Batang 2024

Jalani Tes Kesehatan, Ratusan Pelajar Batang Ikuti Seleksi Paskibraka Batang 2024-Radar Pekalongan/Novia Rochmawati-

BATANG, RADAR PEKALONGAN - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik atau Bakesbangpol Kabupaten BATANG menggelar seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2024. Ratusan pelajar pun saat ini tengah mengikuti seleksi kesehatan, Selasa 20 Februari 2024. 

"Tahun ini sesuai regulasi penyelenggaraan seleksi Paskibraka ada di bawah naungan Bakesbangpol Batang, yang sebelumnya di Disparpora Batang. Dimana untuk tahapan pendaftaran sudah dilakukan mulai 1-15 Februari, dan diikuti 476 pendaftar," ujar Kepala Bakesbangpol Batang, Agung Wisnu Barata. 

BACA JUGA:Setelah Seleksi Panjang, 70 Paskibraka Dikukuhkan

Dijelaskannya, pihaknya sebelumnya telah melakukan seleksi administrasi. Kemudian seleksi Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Dimana pada setiap tahapan menggunakan sistem gugur. 

Saat ini ada  sekitar 401 pelajar yang masuk tahap tes kesehatan. Tak hanya tes kesehatan, ada beberapa tes yang akan dilakukan. Mulai dari seleksi parade, baris berbaris, kesapmaptaan, kepribadian dan  wawancara.

Pada tahapan ini, peserta seleksi juga diminta untuk menampilkan bakat mereka. Agung menyebut hal ini dilakukan untuk mengetahui potensi para peserta. 

BACA JUGA:Sinkronisasi Data, KPU Batang Skorsing Rekapitulasi Tingkat PPK

"Seleksi ini tidak hanya mengarah untuk menjadi pengibar, tetapi juga duta Pancasila. Kalau punya keahlian atau talenta, ini bisa menjadi data dukung. Baik keahlian bela diri, teater atau bakat lainnya. Dan saya melihat kebanyakan peserta sudah punya mentalitas yang bagus," imbuhya. 

Agung menjelaskan jika sistem seleksi dilakukan secara transparan. Karena di tiap tahapannya selalu dilaporkan dan dimonitor ke pusat. 

"Kami targetkan sebelum puasa sudah rampung. Seleksi ini juga termonitor langsung ke pusat. Jadi setiap tahapan rampung, langsung kami laporkan secara transparan," pungkasnya. 

Perwakilan Panitia Seleksi Paskibraka, Ipda Reno Akhir Santoso menyebut ada tim pelatih juga yang nantinya akan melakukan pendampingan. Meliputi pendampingan secara fisik, karakter maupun mental. 

Disebutkannya, nantinya akan dipilih 75 paskibraka yang akan bertugas. Dimana nantinya juga akan dipilih dua perwakilan Kabupaten Batang, yang akan maju di tingkat  provinsi.

"Yang kami pilih tentunya yang terbaik di sini. Dan kami juga menyeleksi sesuai dengan standar nasional. Jadi nantinya akan dipilih satu putra dan satu putri untuk maju ke tingkat provinsi. Mereka juga nantinya berkesempatan untuk mewakili provinsi ke tingkat nasional apalagi lolos seleksi lanjutan," pungkasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar pekalongan